Metode Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Probolinggo
Authors (s)
(1) * Abdullah Abdullah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Iqbal   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Ahmad Taufik H   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Hendra Firdaus   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa MTs Negeri I Probolinggo yang masih kurang dalam praktik membaca al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1), untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 2), untuk mengetahui mutivasi siswa dalam pelaksanaan program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sisw. 3), untuk mengetahui perencanaan penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan efektifitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari mutivasi dan antusias serta kemampuan siswa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an meski dalam waktu yang singkat. Indikator bahwa program tersebut efektif dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu; 1) Pengorganisasian materi yang baik; 2) Komunikasi yang efektif; 3) Penguasaan dan antusiasi terhadap materi pelajaran. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 196 times | PDF files viewed : 1050 times10.33650/trilogi.v3i3.4874 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdullah Abdullah, Ahmad Taufik H, Hendra Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License