Edukasi Perawatan Jenazah Usia Dini di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Wathan Kraksaan

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4898

Authors (s)


(1) * M. Mahbubi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Syaiful Aziz   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Dzulfikar Dzulfikar   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sangat penting dilakukan karena materi tersebut sangat bermanfaat di dalam masyarakat. Pengurusan jenazah merupakan fardhu kifayah bagi muslimin dan muslimat, artinya ketika ada yang telah mengurusnya berarti orang lain sudah terwakili dalam hal mengurusi jenazah. petugas perawatan jenazah (modin) di Desa Sidomukti belum adanya regenerasi, karena petugas tersebut didominasi oleh kaum tua dan belum pernah melakukan regenerasi. Maka dari itu kami kelompok KKN OBE UNUJA 2022 memandang perlunya mengadakan edukasi perawatan jenazah bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat yang berdomisili di Desa Sidomukti Kraksaan khususnya siswa MI Tarbiyatul Wathan Sidomukti Kraksaan tentang bagaimana tata cara dalam pengurusan jenazah. mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkan.  Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan praktek bagaimana pengurusan jenazah yang hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar tata cara mengurus Jenazah.



Keywords

Edukasi; Perawatan Janazah; Usia Dini



Full Text: PDF



References


An-Nabawi, M. M. (2018, April). Pelatihan Keterampilan Penyelenggaraan Jenazah di Gampong Paya Beurandang Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 1, No. 1, pp. 361-371).

Dalimunthe, K. A. (2018). Pelaksanaan Fardhu Kifayah Terhadap Jenazah Janin (Studi Kompratif Antara Fiqh Syafi’i Dan Fiqh Hanbali (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Harahap, H. (2018). Faktor penyebab kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan fardhu kifayah di Pasar Baru Lingkungan V Sukamaju Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara (Doctoral dissertation, IAIN Padang sidimpuan).

Karim, A. (2017). Makna Ritual Kematian dalam Tradisi Islam Jawa. Sabda, 12(2), 161–171.

Mu’in, F., Hermanto, A., & Hadaiyatullah, S. S. (2020). Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Upah Pemakaman Jenazah. AL-IQTISHADY: Jurnal ekonomi syariah, 1(2), 41-55.

Marzuki, M.S. 1992, Strategi dan Model Pelatihan, Suatu Pengetahuan Dasar bagi Instruktur dan Lembaga Pengelola Latihan, Kursus, dan Penataran, Jurusan PLS, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Malang

Nirwana, A. (2020). Implementation Of Fatwa Ulama Council Aceh Concerning Maintaining Fardhu Kifayah For The Muslim’s Corpse Infected By Covid-19 In Banda Aceh. Jurnal Polsri, Volume I/ 2 Agustus 2020. 245-255

Pulungan, S., Sahliah, S., & Sarudin, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Pengurusan Jenazah di MTs Ulumul Quran Medan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 25-35.

Riyadi, A. (2016). Upaya Pemberdayaan Dan Peningkatan Keterampilan Pemulasaraan Jenazah di Wilayah Kecamatan Mijen Kota Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2)

Rohmansyah, Slamet Suripto. (2021). Covid 19: Adaptasi Perawatan Jenazah dalam Tinjauan Syariat Islam dan Medis pada Jemaah Masjid Al-Ikhlas Yogyakarta. Jurnal: Warta LPM. Volume 24 no 4 oktober 2021. 687-697


Article View

Abstract views : 131 times | PDF files viewed : 61 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.4898


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Mahbubi, Syaiful Aziz, Dzulfikar Dzulfikar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License