Peningkatan Usaha Kelompok Nelayan di UMKM Rusamin dengan IMS (Integrated Management System) Berbasis Web Codeigniter

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.5115

Authors (s)


(1) * Abu Tholib   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ainul Furqon   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Taufiqur Rahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM konvensional masih terkendala dalam hal promosi dan pemasaran produk, sehingga banyak pembeli yang berada diluar kota masih kurang mengetahui produk apa saja yang diproduksi sehingga omset penjualan tidak meningkat selain itu juga sering terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam mencatat transaksi penjualan yang dilakukan yang dapat menyita waktu dalam pembuatan laporannya. Pengelolaan data penjualan juga belum optimal karena belum adanya distribusi data ke masing-masing bagian sehingga sering terjadi ketidakcocokan data antara bagian gudang. metode penelitian yang dilakukan menggunakan data penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan melalui Observasi dan wawancara di UMKM Rusamin. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi  Framework Codeigniter dengan berbasis web di UMKM Rusamin dapat memudahkan pihak manajemen dalam monitoring penjualannya.



Keywords

Kelompok Nelayan; Umkm Rusamin; Integrated management system



Full Text: PDF



References


A. Afriansyah,. 2015. Analisa Dan Perancangan Aplikasi Perpustakaan Pada Politeknik Sekayu Menggunakan Pemrograman Java.

Abdulloh, R. 2018. “7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula.” Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

D. Setiawan. 2018. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.”

Galdino, Rezende & Lamont. 2019. “Market and Internationalization Knowledge in Entrepreneurial Internationalization Processes.” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research Vol. 25 No. 7:1580–1600.

Glonti, V., Manvelidze, R., & Surmanidze, I. 2021. “The Contribution of SME to Regional Economic Development: On Example of Adjara Autonomous Republic.”

Li et. al. 2018. “Digital Transformation by SME Entrepreneurs: A Capability Perspective.”

Mei, J., Zhang, G., & Zhu, L. 2021. “Governance Mechanisms Implementation in the Evolution of Digital Platforms: A Case Study of the Internet of Things Platform. R&D Management.”

Prathivi, R. 2018. “Analisa Sistem QR Code Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi.”

Ramadhani, I. A. 2018. Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan.

Republik Indonesia. 2018. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH.

S. Putrawangsa and U. Hasanah. 2018. “‘Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika,.’”

Saputra, D., & Aji. 2018. “Analisis Perbandingan Performa Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django, Dan Ruby on Rails Untuk Akses Data Dengan Aplikasi Mobile.” Jurnal Bangkit Indonesia.

Sengupta, et. al. 2021. “Conditional Acceptance of Digitized Business Model Innovation at the BoP: A Stakeholder Analysis of EKutir in India.”

T. Sutabri,. 2017. “Sistem Informasi Manajemen Edisi Revisi,.”

Xie et. al. 2022. “Digital Platforms and SMEs’ Business Model Innovation: Exploring the Mediating Mechanisms of Capability Reconfiguration.”


Article View

Abstract views : 92 times | PDF files viewed : 45 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v3i3.5115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abu Tholib, Ainul Furqon, Taufiqur Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License