Perancangan Media Pembelajaran Manasik Haji Berbasis Virtual Reality di SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo
AbstractSMK Nurul Jadid (SMKNJ) Paiton Probolinggo dalam praktik belajar mengajar saat ini masih menggunakan model pembelajaran ceramah, yaitu guru menjelaskan dan murid mendengarkan. Model pembelaran tersebut kurang efektif untuk matapelajaran praktik hal itu disebabkan siswa tidak dapat mempraktikan/melihat secara langsung. Seperti matapelajaran Agama tentang Manasik Haji, matapelajaran ini adalah matapelajaran yang sangat penting bagi siswa karena haji merupakan rukun islam yang ke lima jika salah dalam menjalankan syarat dan rukunya maka hajinya tidak akan syah. Dari pentingya matapelajaran tersebut maka siswa harus dapat memahami matapelajaran tersebut dengan baik. Maka dari itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran agar proses kegiatan belajar mengajar siswa lebih menarik dan siswa dapat menyerap materi pelajaran manasik haji dengan maksimal dengan membuat aplikasi Manasik Haji berbasis virtual reality, dengan adanya aplikasi tersebut siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru karena siswa dapat melihat secara virtual lokasi haji sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan waterfall yang terdiri dari reuqierements definition, system and software design, implementasi and unit testing, integration and unit testing, integration and system testing dan yang terakhir maintenance. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terbangunnya aplikasi 3D Simulasi Manasik Haji Berbasis Virtual Reality yang dapat membantu guru di SMKNJ dalam menjelaskan tentang manasik haji pada matapelajaran Agama Islam agar lebih interaktif dan menarik serta dapat membantu siswa dalam memahami materi matapelajaran manasik haji yang disampaikan oleh guru. |
Keywords
Full Text:
References
M. N. Huda, “Inventarisasi dan Penghapusan Sarana Prasarana Pendidikan,” Ta’dibi J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 2, pp. 25–44, 2020.
F. G. Riyanto, “L670.pdf,” Universitas Diponegoro, 2019.
K. Wijaya, R. Supariyanto, and E. Istiawan, “Implementasi Framework Bootstrap Dalam Perancangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quran Al-Ittifaqiah,” J. Sist. Inf., vol. 04, no. 02, pp. 7–11, 2020.
A. A. Rizky and I. Ramdhani, “Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL DI PT. Ria Indah Mandiri,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 49–57, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1651.
I. A. Annas, D. Gusman, N. Yona, and S. Munti, “Planning Design A Website-Based Mechanic Information System In Bangkinang Kota,” J. Eng. Sci. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 7–12, 2022.
S. M. W. Al Aluf, “Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha,” J. Kependidikan Islam, vol. 10, no. 2, pp. 224–238, 2020, doi: 10.15642/jkpi.2020.10.2.224-238.
N. Putu, R. Suantari, I. N. Purnama, P. Anugrah, and C. Dewi, “Model Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Android Menggunakan QR Code Pada Sekolah Dasar 1 Tumbakbayuh,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 481–492, 2021.
A. Prayogi and E. V. Haryanto, “Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Online ( Studi Kasus : SMKS Indonesia Membangun Taruna Marelan ),” vol. 10, no. 2, pp. 126–135, 2021.
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.
S. Z. Riska Risdianti, Ronny Makhfuddin A, “Aplikasi Penyewwaan Peralatan Pendakian Berbasis Web (Stadi Kasus : Reys ADVENTURE),” Infmatika, vol. 2, pp. 23–28, 2020.
Hanif, I. F., & Sinambela, G. M. (2021). PEMBUATAN APLIKASI E-TATIB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DART: MAKING AN ANDROID-BASED E-TATIB APPLICATION USING THE DART PROGRAMMING LANGUAGE. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis, 4(1), 1–7.
Purnama, B. E., & others. (2021). Implementasi Buku Online Sebagai Solusi Digitalisasi Media. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 10(4).
Puteri, M. P., & Effendi, H. (2018). Implementasi Metode RAD Pada Website Service Guide “Tour Waterfall South Sumatera.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 130–136.
Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.
Shinta, N. E. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Blog Menggunakan Flutter dan Laravel
10.33650/trilogi.v3i3.5127 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wahab Sya'roni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License