Pengaruh Peer Group Education terhadap Persepsi Body Image Remaja Santri Putri di Pondok Pesantren Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i2.6547

Authors (s)


(1)  Sri Astutik Andayani   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Setiyo Adi Nugroho   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3) * Nahdia Fiki Maghfiroh   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra tubuh yang negatif dapat memicu munculnya gangguan psikologis pada remaja. Remaja yang memiliki gangguan citra tubuh banyak terjadi pada remaja putri. Dalam hal ini remaja putri membutuhkan dukungan kelompok teman sebaya sebagai support terbaik dari segi emosi maupun sosial yang diberikan hingga menjadi individu dengan kepribadian lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer group education terhadap citra tubuh (body image) pada remaja santri putri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan quasy eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 131 remaja santri putri dengan menggunakan teknik  non probability purpose sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon diperoleh hasil persepsi citra tubuh sebelum dan sesudah dilakukan peer group education sebesar 0.000<0.05, artinya ho ditolak dan ha diterima. Saran untuk penelitian ini Mengembangkan dan memperluas jangkauan santri-santri untuk menjadi pelaku peer educator di seluruh pondok pesantren. Peer Educator sangat efektif digunakan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan karena dukungan dari teman sebaya lebih bisa dipahami oleh sebayanya

 

   Kata kunci: Kelompok Teman Sebaya, Citra Tubuh, Remaja Santri Putri





Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 241 times | PDF files viewed : 208 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i2.6547


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sri astutik andayani, Setiyo Adi Nugroho, Nahdia Fiki Maghfiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License