Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Prestasi Seni Siswa
Authors (s)
(1) * Sri Setyowati   (SMA Negeri 1 Asembagus, Situbondo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPrinsip-prinsip kesenian yang pernah dikemukakan oleh E.D. Chapple dan C.S Coon dalam bukunya Principles of Antrhopology (1942: 595) menggunakan istilah dalam ruang (art in space) dan seni dalam waktu (art in time). Dari tujuan mata pelajaran seni tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep seni dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model GI? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model GI terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode pemecahan masalah (problem solving), (b) ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode pembelajaran kooperatif model GI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes keterampilan, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus-I sampai siklus-III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model GI dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran seni. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 133 times | PDF files viewed : 88 times10.33650/trilogi.v4i2.6659 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Setyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License