Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Prestasi Seni Siswa
AbstractPrinsip-prinsip kesenian yang pernah dikemukakan oleh E.D. Chapple dan C.S Coon dalam bukunya Principles of Antrhopology (1942: 595) menggunakan istilah dalam ruang (art in space) dan seni dalam waktu (art in time). Dari tujuan mata pelajaran seni tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep seni dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model GI? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model GI terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode pemecahan masalah (problem solving), (b) ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode pembelajaran kooperatif model GI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes keterampilan, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus-I sampai siklus-III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model GI dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran seni. |
Keywords
Full Text:
References
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru
Algesindon Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2900. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rincksa Cipta.
Hadi. Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2900. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Mursell, James (-). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Prikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar Surabaya University Press. Universitas Negeri Surabaya
Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rincksa Cipta
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar (terjemahan) Bandung: Jemmars.
10.33650/trilogi.v4i2.6659 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Setyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License