Optimalisasi Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sma Negeri 1 Asembagus Situbondo

Diah Sudarmini
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i2.6660



Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2022/2023 melalui pengunaan model problem based learning. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 88,00, (2) rata-rata kelas  77,09, dan (3) peserta didik yang tuntas 81,81% dan  yang tidak tuntas 18,18%. Aspek keterampilan sebagai berikut: (1) nilai terendah 66,00 dan nilai tertinggi 88,00, (2) rata-rata kelas  77,03, dan (3) peserta didik yang tuntas 78,79%, dan  yang tidak tuntas 21,21%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 64,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas 79,06, dan (3) peserta didik yang tuntas 90,09% dan  yang tidak tuntas 9,09%. Aspek keterampilan sebagai berikut : (1) nilai terendah 69,00 dan nilai tertinggi 90,00, (2) rata-rata kelas  80,03, dan (3) peserta didik yang tuntas 90,91% dan  yang tidak tuntas 12,12%. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning  dapat meningkatkan hasil belajar belajar kimia peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2022/2023.



Keywords

model problem based learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

B. Uno, H. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Daga, Agustinus Tanggu. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 10. No. 4. 2021. Hal. 836-851.

Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori – teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2013. Models of Teaching, edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasinya. Bandung : PT Refika Aditama

Kusaeri & Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and

Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334

Putri Sayekti, Siskha, and Stai Al-Hamidiyah Jakarta. 2022. “‘Menyongsong Kurikulum Merdeka Dalam

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’ Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar Systematic Literatur Review: Development Of Learning Asessment For In.” Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2: 23–28.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Rajawali Pers: Jakarta.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Situmorang, M., Sitorus, M., Hutabarat, W., dan Situmorang, Z. 2015. The Development of Innovative Chemistry

Learning Material for Billingual Senior High School Students in Indonesia, Internationan Education Studies, 8(10): 72-85.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subandi 2014. Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwardana, H. 2018. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Erlangga.

Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif & Konstektual. Jakarta: Prenada Media Group.

Vivi, L., Fitria, Y., Miaz, Y., & Ahmad, Z. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i2.6660


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diah Sudarmini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License