Optimalisasi Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sma Negeri 1 Asembagus Situbondo
Authors (s)
(1) * Diah Sudarmini   (SMA Negeri 1 Asembagus, Situbondo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri Asembagus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2022/2023 melalui pengunaan model problem based learning. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 88,00, (2) rata-rata kelas 77,09, dan (3) peserta didik yang tuntas 81,81% dan yang tidak tuntas 18,18%. Aspek keterampilan sebagai berikut: (1) nilai terendah 66,00 dan nilai tertinggi 88,00, (2) rata-rata kelas 77,03, dan (3) peserta didik yang tuntas 78,79%, dan yang tidak tuntas 21,21%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan sebagai berikut : (1) nilai terendah 64,00 dan nilai tertinggi 92,00, (2) rata-rata kelas 79,06, dan (3) peserta didik yang tuntas 90,09% dan yang tidak tuntas 9,09%. Aspek keterampilan sebagai berikut : (1) nilai terendah 69,00 dan nilai tertinggi 90,00, (2) rata-rata kelas 80,03, dan (3) peserta didik yang tuntas 90,91% dan yang tidak tuntas 12,12%. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar belajar kimia peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Asembagus semester genap tahun pelajaran 2022/2023. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 103 times | PDF files viewed : 71 times10.33650/trilogi.v4i2.6660 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diah Sudarmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License