Relevansi Pembinaan Karakter Religius dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MI Nurul Mun’im Karanganyar Paiton Probolinggo
AbstractTujuan penelitian disini yakni untuk menggambarkan serta menganalisis relevansi pembinaan karakter relegius dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa di MI Nurul Mun’im dan mengkaji faktor serta pengambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan naratif. Dengan menggunakan data primer melalui obsevasi, partisipasi, wawancara, dokumentasi, yang relevan dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini yakni wakil kurikulum, guru pai dan bagian kemahasiswaan. Hasil penelitian yang di peroleh yakni pembinaan karaker religius bisa berjalan melalui strategi yang ada disekolah, seperti adanya kurikulum yang di padukan dan diintegrasikan antara kurikulum matrikulasi dan kurikulum khas MI Nurul Mun’im, melalui metode pembiasaan kegiatan keagamaan yang termasuk karakter religius seperti sholat dhuha dan sholat dhuhur berjema’ah, sholawat bersama, tahfidzul qur’an, rebana, kaligrafi,infaq dan perinagtan hari besar islam, serta menggunakan metode reward dan panishmen, faktor pendukung di MI Nurul Mun’im yakni adanya pensinergitasan seluruh komponen di sekolah, peran kepala sekolah, kependidikn serta tenaga pendidik, orang tua, siswa serta masyarakat, berbagai program disekolah yang mengembangakan dan melibatkan seluruh komponen sekolah. Seperti adanya layanan orang tua seperti konseling/interview orang tua murid, home visit dan parenting. Sedangkan faktor penghambatnya yakni Faktor internal, perebedaan latar belakang dan karakter siswa, pengalaman serta lingkungan. faktor eksternal yakni keluarga, masyarakat. Relevansi pendidikan karakter dengan kecerdasan spiritual pendidikan karakter mencakup ranah kecerdasan spiritual karena pendidikan karakter berguna dalam upaya penyeleksian dan pemfilteran budaya yang membawa dampak buruk bagi anak yang berasal dari luar, maka dari itu pendidikan karakter yang memiliki tujuan membentuk pribadi manusia yang sesuai dengan nilai dan norma sangat berpengaruh pada kecerdasan spiritual manusia |
Keywords
Full Text:
References
Gafar Hidayat, & Tati Haryati. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan loka (Maja abo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sia Di Kecamatan Boo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169
Amrah, S. (2018). Karakter Rabbani Sebagai Medium Pembentukan Kecerdasan Spiritual Dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Analisis Empiris Pada SD IT Kota Paopo). E-Tarbawi, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vo11.iss1.art1
Arianti, K. P., & Supriyanto. (2018). Strategi Pembinaan Karakter Religius Islami Di SMP A-Hikmah Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 01(01), 1–9.
Badry, I. M. S., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135
Dedes, K., Wibawa, A., & Budiarto, . (2021). Sistematika Filsafat Menurut Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Artificial Intelegence. Jurna Inovasi Teknoogi Dan Edukasi Teknik, 1(8), 584–591. https://doi.org/10.17977/um068v1i82021p584-591
Fauziatun, N., & M. Misbah. (2022). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.
Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa Ra Km Al- Hikmah Kediri. JCE (Jornal of Chidhood Education), 4(1), 120. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.114
Hasan, C. J. (2019). Bimbingan Dzikir dalam Meningkatkan Kecerdasan. Irsyad : Julrnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseing, Daalm Psikoterapi Islam, 7(April), 127–148.
Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 6(2), 167. emai: yenni.mutiawati@gmai.com.%0AAbstrak
Nurbaiti, R., Awy, S., & Tauabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. E Bidayah: Journal of Isamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disipin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.
Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’Arif Nu Ajibarang Wetan. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keisaman, 8(1), 119–138. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.195
SIREGAR, H. (2018). Program Studi Pendidikan Agama Islam. Metodelogi Penelitian, 5(2), 129. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93
Suryanti, D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference On Innovation and Appication Of Science and Technoogy (CIASTECH 2018), 1(September), 254–262.
Widiyawati, E.,Muhammad,(2023). Pengembangan Kecerdasan Spiritual ( SQ ) Meaui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Nurul Islam Kota Proboinggo. AL-AFKAR : Journa for Isamic Studies, 6(1), 393–404. https://doi.org/10.31943/afkarjourna.v6i1.584.
10.33650/trilogi.v4i3.7234 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zakiyah BZ
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License