Relevansi Pembinaan Karakter Religius dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MI Nurul Mun’im Karanganyar Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v4i3.7234

Authors (s)


(1) * Zakiyah BZ   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Astutik Astutik   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Dewi Nurul Hidayah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Eni Komariyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian disini yakni untuk menggambarkan serta menganalisis relevansi pembinaan karakter relegius dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa di MI Nurul Mun’im dan mengkaji faktor serta pengambatnya.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan naratif. Dengan menggunakan data primer melalui obsevasi, partisipasi, wawancara, dokumentasi, yang relevan dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini yakni wakil kurikulum, guru pai dan bagian kemahasiswaan. Hasil penelitian yang di peroleh yakni pembinaan karaker religius bisa berjalan melalui strategi yang ada disekolah, seperti adanya kurikulum yang di padukan dan diintegrasikan antara kurikulum matrikulasi dan kurikulum khas MI Nurul Mun’im, melalui metode pembiasaan kegiatan keagamaan yang termasuk karakter religius seperti sholat dhuha dan sholat dhuhur berjema’ah, sholawat bersama, tahfidzul qur’an, rebana, kaligrafi,infaq dan perinagtan hari besar islam, serta menggunakan metode reward dan panishmen, faktor pendukung di MI Nurul Mun’im  yakni adanya pensinergitasan seluruh komponen di sekolah, peran kepala sekolah, kependidikn serta tenaga pendidik, orang tua, siswa serta masyarakat, berbagai program disekolah yang mengembangakan dan melibatkan seluruh komponen sekolah. Seperti adanya layanan orang tua seperti konseling/interview orang tua murid, home visit dan parenting. Sedangkan faktor penghambatnya yakni Faktor internal, perebedaan latar belakang dan karakter siswa, pengalaman serta lingkungan. faktor eksternal yakni keluarga, masyarakat. Relevansi pendidikan karakter dengan kecerdasan spiritual  pendidikan karakter mencakup ranah  kecerdasan spiritual karena pendidikan karakter berguna dalam upaya penyeleksian dan pemfilteran budaya yang membawa dampak buruk bagi anak yang berasal dari luar, maka dari itu pendidikan karakter yang memiliki tujuan membentuk pribadi manusia yang sesuai dengan nilai dan norma sangat berpengaruh pada kecerdasan spiritual manusia



Keywords

Pendidikan Karakter, Karakter Relegius, Kecerdasan Spiritual



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 150 times | PDF files viewed : 50 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v4i3.7234


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zakiyah BZ

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License