Dampak Teknologi dan Fenomena Degradasi Moral Menurut Perspektif Pendidikan Islam

Yulia Pratiwi, Ammar Ammar, Chanifudin Chanifudin
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.8656



Abstract

Pada era modern ini, globalisasi tidak dapat terelakkan, terutama dalam hal teknologi. Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula perubahan nilai yang terjadi di masyarakat. Namun, perubahan nilai tersebut sering kali bergerak ke arah yang lebih buruk, seperti perilaku cyberbullying, kecanduan game online, bahkan etika berbicara dan berkomunikasi yang awalnya sopan dan santun menjadi tidak beretika. Melihat fenomena ini, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji dampak teknologi dan fenomena degradasi moral atau etika menurut perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan di perpustakaan serta dari berbagai informasi kepustakaan lainnya. Dari penelitian ini, ditemukan empat dampak negatif utama, yaitu pembacaan yang dangkal, penyebaran tafsiran yang salah, pembentukan opini yang dikendalikan oleh algoritma, dan gangguan ibadah.



Keywords

Dampak Negatif Teknologi; Nilai- Nilai Etika; Pembacaan yang Dangkal

Full Text:

PDF

References

Aisyah, S. (2019). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap . Jurnal Konsepsi, 49-50.

Dewi Shara Dalimunthe, I. P. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai . AL-MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 77.

Didi Maslan, M. M. (2023). PENDIDIKAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM: . AL-ITTISHOL Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 160.

Dwi Iryanta Prihartana, 1. U. (2022). Peran Teknologi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 39-40.

Faiz, N. F. (2022). RELASI ETIKA DAN TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ISLAM. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 233, 236.

Lita Kurnia, A. E. (2021). PENGARUH NEGATIF DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA REMAJA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). KORDINAT, 299.

Nugroho, M. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 36-37.

Sitti Romlah, R. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR . Al-Ibrah, 69-70, 72-73.

Sugiyono, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam . Southeast Asian Journal of Islamic Education, 135.

Unik Hanifah Salsabila, R. R. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 130, 133-134.

Yuberti. (2015). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM . AKADEMIKA, 138.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i2.8656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulia Pratiwi, Ammar Ammar, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License