Dampak Teknologi dan Fenomena Degradasi Moral Menurut Perspektif Pendidikan Islam

DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i2.8656

Authors (s)


(1) * Yulia Pratiwi   (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)  
        Indonesia
(2)  Ammar Ammar   (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)  
        Indonesia
(3)  Chanifudin Chanifudin   (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era modern ini, globalisasi tidak dapat terelakkan, terutama dalam hal teknologi. Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula perubahan nilai yang terjadi di masyarakat. Namun, perubahan nilai tersebut sering kali bergerak ke arah yang lebih buruk, seperti perilaku cyberbullying, kecanduan game online, bahkan etika berbicara dan berkomunikasi yang awalnya sopan dan santun menjadi tidak beretika. Melihat fenomena ini, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji dampak teknologi dan fenomena degradasi moral atau etika menurut perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan di perpustakaan serta dari berbagai informasi kepustakaan lainnya. Dari penelitian ini, ditemukan empat dampak negatif utama, yaitu pembacaan yang dangkal, penyebaran tafsiran yang salah, pembentukan opini yang dikendalikan oleh algoritma, dan gangguan ibadah.



Keywords

Dampak Negatif Teknologi; Nilai- Nilai Etika; Pembacaan yang Dangkal



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 54 times | PDF files viewed : 46 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i2.8656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulia Pratiwi, Ammar Ammar, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License