Hubungan Tingkat Stress dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kesehatan dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Nurul Jadid Paiton Kabupaten Probolinggo

Choirun Nisak, Zainal Munir, Vivin Nur Hafifah
DOI: https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i3.8975



Abstract

Stress is an emotional state characterized by physical tension such as fear, anxiety, nervousness, and embarrassment when facing problems or pressure. Stress in students can arise due to remote learning during the COVID-19 pandemic. Adolescence, as a transitional period from childhood to adulthood, happens so quickly that many adolescents are often unprepared to face the challenges, including academic demands. Students experiencing academic stress tend to have maladaptive perceptions of academic demands, which may stem from the learning environment, learning materials, peer interactions, and learning abilities. This study aims to examine the relationship between stress levels and learning motivation among students during online learning in the COVID-19 pandemic at Nurul Jadid University, Paiton, Probolinggo Regency. This study used a cross-sectional method, with a total sampling technique involving 100 respondents. Data analysis using the chi-square test showed a significant relationship between stress levels and learning motivation, with a p-value of 0.000 (p<0.05). Of the 100 respondents, 52% experienced mild stress, 28% moderate stress, and 30% severe stress. This study concludes that there is a significant relationship between stress levels and learning motivation among health faculty students during online learning in the COVID-19 pandemic at Nurul Jadid University, Paiton, Probolinggo Regency.



Keywords

Academic stress; learning motivation; online learning; COVID-19 pandemic.

Full Text:

PDF

References

M. sari, ‘Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat 19 and Online Lecturer At Karya Husada Health Institute.’, 2021.

WAHAB, ‘Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19’, 2020.

Harri Santoso Riazul Jannah, ‘Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1, No. 1, 130-146’, 2021.

Nursalam., ‘Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Mediaka.’, 2017.

B. Lampau, ‘Metode Penelitian Kesehatan : Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertai ( 1 St Ed ). Iksaka Banu’, 2012.

Muhammad Taufik Daniel Hasibuan, Hendry Kiswanto Mendrofa, Harsudianto Silaen, Yusrial Tarihoran HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19,2020

Charismiadji, ‘Hubungan Regulasi Emosi Dengan Strss Akademik Pada Mahasiswa Baru [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.’, 2020.

Harahap et al, ‘Analisa Tingkat Stres Akademika Pada Mahasiswa Selama Pendemi Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19.’, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan,3(1), 10-14, 2020.

Muslim, ‘Analisi faktor munculnya gejala stres pada siswa akibat pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19’, 2020.

Purwanto, ‘Stresdan resiliensi remaja dimasa pandemi covid-19", 2020.

Rahmawati, W. K. dalam Barseli & Ifdil, ‘Pengaruh Pembelajaran Daring Stres Akademik Siswa Selama Pandemi Covid 19’, 2017.

Archiandita, ‘Efektifitas Tingkat Stres Terhadap Motivasi Belajar’, 2018.

Musradinur, ‘Analisa Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid 19’, 2016.

Dwi Sinta Rizki Ariani , Miftakhul Ulfa, Waifti Amalia HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA DENGAN STRESS AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19.2022.

‘Konsep Stres Akademik Siswa’, Barseli,M., & Ifdil, I., 2017.

Barseli & Ifdil, ‘Hubungan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Akademik Pada Siswa’, 2017. ’Konsep Stres Akademik Siswa’, 2017

T. N. palupi, ‘Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Dirumah Selama Pandemi Covid-19.’, 2020.

Rakimin Humairoh Ummu Syarifah, Irma safitri, ‘Hubungan Strategi Coping Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMAN 96 Jakarta Barat Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi’, 2021.

Citrawanti oktavia Matusturi syifa, ‘Efektivitas Psikoedukasi Strategi Belajar Dan Management Stress Pada Siswa SMA Negri 1 Cerme, Gresik’, 2020.

Woro ramesti Laras ayu safira, octa reni setiawan, ismalia husna, ‘Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Ovid-19’, 2021.

B.Lampau, ‘Metode Penelitian Kesehatan : Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertai ( 1 St Ed ). Iksaka Banu’,

Nursalam, 2017. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Mediaka.

Ralang hartanti syafrida, ‘Bersama Melawan Virus Covid-19 Di Indonesia’, 2020.

PPNI, 2018. ‘Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia, Defini Dan Indikator Diagnostik. Edisi 1 Jakarta : DPP PPNI’.

PPNI, 2018. 'Standar Intervensi Keperawatan Indonesia, Defini Dan Indikator Diagnostik. Edisi 1 Jakarta : DPP PPNI’.

PPNI, 2018.‘Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia, Defini Dan Indikator Diagnostik. Edisi 1 Jakarta : DPP PPNI’.

PPNI, 2018. ‘Standar Intervensi Keperawatan Indonesia, Defini Dan Indikator Diagnostik. Edisi 1 Jakarta : DPP PPNI’.

Muhammad Rian Alvagus, M. Nurhalim Shahib, Rizki Perdana Hubungan Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat 2 dan 3 Fakultas Kedokteran Unisba dengan Hasil Kelulusan Ujian Lisan secara Online,2022


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/trilogi.v5i3.8975


Data citation

Wabah Covid-19 merupakan penyakit baru dan sangat mudah menular. Virus baru ini sebelumnya tidak dikenal sebelum menjangkit banyak penduduk. (M. Sari 2021) Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah Pembelajaran daring, jika rutin terus-menerus menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (online), maka ada keberatan dari sebagian mahasiswa, karena sebagian mahasiswa memiliki keterbatasan dalam biaya pulsa online. (Wahab 2020) presiden Indonesia mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) nomor 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional, banyak cara yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebarannya melalui physical distancing. ( Harri Santoso 2021 ). Covid-19 melanda banyak Negara di dunia termasuk Indonesia. Wabah Covid-19 tidak hanya merupakan masalah nasional dalam suatu Negara, tapi sudah merupakan masalah global. Covid-19 berawal muncul dari daerah Wuhan Cina. Penyebaran Covid -19 yang begitu cepat dan mematikan, penularannya melalui kontak fisik ditularkan melalui mulut, mata dan hidung. Covid-19 berdampak kepada kehidupan sosial dan melemahnya ekonomi masyarakat. Permasalahan bagaimana dampak wabah Covid-19 terhadap pelayanan publik dan upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Choirun Nisak nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This ejournal system and its contents are licensed under

a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License