Peningkatan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta didik Melalui TPQ Sekolah

Muhammad Munif
DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.114



Abstract

Pembelajaran al-Qur’an kepada para peserta didik di SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sekolah merupakan salah satu carauntuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca al-Qur’an. Kegiatan pembelajaran al-Qur’an di TPQ di SMP Bhakti Pertiwi Paiton meliputi tiga bagian, yaitu membaca teks secara bersama-sama I selama 10 menit, membaca teks secara individual selama 40 menit, dan membaca teks bersama-sama II selama 10 menit. Selanjutnya, untuk mengukur kompetensi bacaan al-Qur’an siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di TPQ sekolah, guru melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus penelitian (1) Upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan SMP Bhakti Pertiwi untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo, (2) Proses pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo, (3) Hasil pembelajaran al-Qur’an di TPQ SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah program ini dilaksanakan, para siswa mengalami peningkatan kompetensinya dalam membaca al-Qur’an. Para siswa dapat membaca al-Qur’an dengan tartil dan benar.


Full Text:

PDF

References

Abudin Nata. 2001. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemehan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Baharun, H. (2017a). Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.

Baharun, H. (2017b). Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren. Ulumuna, 21(1), 57–80.

H Baharun, A. M. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013, 1(1), 89–101.

Joko Susilo, M. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Khozin. 2006. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang : UMM Press.

Saiful Syagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Thariq.2007.Mengapa-Harus-Qiro’ati, (http//pustakamawar.wordpress.com, diakses 9 Mei 2009).

Tohirin, 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Viannata, R. 2007. Pembelajaran Al Qur’an, (Online), (http//rara-banget.blogspot.com, diakses 9 Mei 2009).


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v1i2.114


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Munif

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Postgraduate of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.