Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek

Muallim Wijaya
DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24



Abstract

Konsep manajemen pengajaran bahasa arab adalah rencana-rencana pengajaran bahasa arab meliputi; persiapan materi, perincian tujuan, metode dan media pembelajaran serta penilain yang digunakan guru bahasa arab selama kegiatan pembelajaran, baik di kelas atau di luar kelas. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai target pendidikan bahasa arab secara maksimal. Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional.

Kesuksesan lembaga pendidikan bahasa arab tidak bisa lepas dari sinergi antara konsep dan pelaksanaan manajeman bahasa arab yang baik. Artinya guru bahasa arab harus memahami konsep manajemen pembelajaran bahasa arab dengan baik agar pelaksanaan tujuan-tujuan pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya bisa dicapai secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip yang baku. Dan guru bahasa arab yang baik memiliki sifat ikhlas dan dedikasi yang tinggi pada profesinya.

Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi yang mencakup kemampuan memahami prinsip-prinsip pendidikan bahasa arab,mengelola proses belajar mengajar bahsa arab secara konperhensif, menjadi pribadi yang arif dan bijaksana serta teladan yang baik bagi anak didik (teladan dalam bersikap dan teladan dalam berbahasa yang baik dan benar), mampu bekerja sama dengan rekan seprofesi dan masyarakat luas demi mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan, dan menguasai materi bahasa arab beserta seluruh kompetensinya, memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajarnya dan mengajarkan bahasa arab pada anak didik sesuai tugas dan fungsinya, yaitu alat komunikasi.

Pendidikan bahasa arab yang sukses mencerminkan keseimbangan antara konsep dan implementasi kurikulum yang terencana, terorganisir dengan seluruh elemen pendidikan dan masyarakat secara harmonis,dan di evaluasi secara berkesinambungan.


Full Text:

PDF

References

أزهر أرشد، مدخل إلى طرق تعليم اللغة الأجنبية لمدرسي اللغة العربية، (أوحونج فاندانج : مطبعة الأحكام، 1998).

رشدي أحمد طعيمة، تعليم العربية لغير الناطقين بها، (مصر: منشورات المنظمة الإسلامية للتربية والعلوم والثقافة، 1989).

رياض عارف الجبان، الوسائل التعليمية وطرائق التدريس، (دار العصماء، 2009).

علي الحديدي، مشكلة تعليم اللغة العربية لغير العرب، (القاهرة: دار الكاتب العربي، 1996).

عبد العليم إبراهيم، الموجه الفني لمدرسي اللغة العربية، (القاهرة : دار المعارف، 1968).

علي راشد، خصائص المعلم العصرى وأدوارهه (القاهرة: دار الفكر العربي، 2003).

علي الخولي، الاختبارات اللغوية، (الأردن: دار الفلاح للنشر، 2000).

محمد منير مرسي، الإدارة التعليمية ( مصر: عالم الكتب:1984).

محمود رشدي خاطر ومصطفى رسلان، تعليم اللغة العربية والتربية الإسلامية، (القاهرة: دار الثقافة والنشر والتوزيع: 2000).

Pustaka Indonesia

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: Aditya Media, 2008).

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204-216.

Manajemen Pendidikan, Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI (Bandung: Alfabeta, 2009).

Sardiman, Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2005).

Suhadak, Pembelajaran Bahasa Arab bagi Muslim Indonesia, (Malang : UIN Press, 2006).

UU Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v1i1.24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muallim Wijaya

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Postgraduate of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.