Kebijakan Pendidikan Islam Dalam era otonomi daerah

DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.31

Authors (s)


(1) * Moh. Rifa'i   (IAI Nurul Jadid Paiton)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan-kebijakan mengenai pendidikan pada Madrasah di Negara Indonesia diputuskan, semuanya dalam rangka memperbaiki layanan dan kualitas Bangsa Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. Namun tentu hal seperti ini mendapatkan 2 respon yang berbeda yaitu antara positif dan negatif. Berkenaan dengan otonomi daerah yang dikenal pula dengan desentralisasi pendidikan membuat Madrasah harus memiliki strategi-strategi baik dalam mengelola layanan pendidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara universal, sehingga muncul rasa kepuasan (satisfaction) masyarakat untuk dapat memberikan kontribusi kepada dirinya, orang lain, dan Negara Indonesia. Pembahasan (research) dalam artikel ini menggunakan kajian pustaka dan melalui beberapa observasi yang berkembang pada Madrasah saat ini.




Full Text: PDF



References


A. Ubaedillah. 2007. Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Busroh, Abu Daud. 1994. Kapita Selekta Hukum Tata Negara. Jakarta: Rineka Cipta.

Daulay, Haidar Putra. 2007. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djunaedi, Mahfud. 2006. Rekonstruksi Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. 2006. Qur’an Tajwid, (terjemah, tajwid 8 warna, asbabun nuzul, hadits seputar ayat, hikmah, indeks tematik). Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Dirjen Pendis Depag RI. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan dalam “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta.

E. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Rosda Karya.

http://kendal.kemenag.go.id/berita/read/arah-kebijakan-pendidikan madrasah_online 18 November 2016_11.15

http://otonomidaerah.com/pelaksanaan-otonomi-daerah/_online 15 nov 2016_14.23

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Pernada Media.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pelembagaan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasir, Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmi, Husni. 2005. Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Sam M. Chan, Tuti T. Sam. 2007. Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Cet. Ke 3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shaleh, Abdul Rachman. 2006. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi, Misi dan Aksi, Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunarno, Siswanto. 2006. Hukum Pemerintahan Daerah. Jakarta: Sinar Grafika.

Suwito, dkk. 2008. Sejarah Sosial Pedidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional (Dalam Percaturan Dunia Global). Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Undang-Undang SISDIKNAS. 2008. Jakarta: Sinar Grafika Offset.


Article View

Abstract views : 2976 times | PDF files viewed : 4602 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/al-tanzim.v1i1.31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Moh. Rifa'i

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Postgraduate of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.