The Impact of Strategic Resource Management on the Development of Islamic Legal Methodology at PKBM Ristek Nusantara Jaya

DOI: https://doi.org/10.33650/at-turas.v12i3.11933

Authors (s)


(1) * Heru Budi Santoso   (Institut Nalanda)  
        Indonesia
(2)  Nur Khasanah   (Universitas Islam Jakarta)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Fery Mustika   (Universitas Islam Jakarta)  
        Indonesia
(4)  Yayan Sopyan   (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)  
        Indonesia
(5)  Arskal Salim   (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)  
        Indonesia
(6)  Syahrullah Syahrullah   (Universitas Islam Jakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the impact of strategic resource management on the development of Islamic legal methodology in PKBM Ristek Nusantara Jaya. Using a quantitative approach, data was collected from 100 respondents through a Likert scale questionnaire instrument that had been tested for validity and reliability. The data analysis techniques used include Pearson correlation tests and simple linear regression. The results showed a positive and significant relationship between the effectiveness of resource management and innovation of Islamic legal methodology (r = 0.684; p < 0.01). These findings offer insights into how effective resource management can enhance pedagogical innovation in the teaching of Islamic legal principles in the context of non-formal education. The implementation of appropriate resource management strategies, such as strengthening educator competencies, utilizing technology, and adaptive program planning, has been proven to be able to create more dynamic and contextual learning. This research makes a real contribution to pedagogical innovation and curriculum development in Islamic education, as well as encourages the reform of the Islamic jurisprudence approach to be more relevant to the challenges of the modern era, khususnya di lingkungan lembaga pendidikan non-formal seperti PKBM.



Keywords

Resource Management; Islamic Legal Methodology; Pedagogical Innovation; Non-formal Education; Curriculum Development.



Full Text: PDF



References


Afor, S., Arkiang, F., Ola, M. I., & Yanti, S. I. (2022). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.589

Bina, U., & Informatika, S. (2023). A r z u. 4, 83–98.

Di, P., Pekanbaru, M A. N., Setyaningsih, R., Hidayah, N., & Dinata, Y. (2015). INOVASI KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS CURRICULUM INNOVATION IN ENHANCING THE QUALITY OF EDUCATION AT MAN 1 PEKANBARU

Fadillah, A. Y., Aziza, N., & Martiah, L. (2021). Pengaruh Sinkronisasi Perencanaan Dan Penganggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Fairness, 10(1), 63–78. https://doi.org/10.33369/fairness.v10i1.15237

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Gunartin, G., SOFFIATUN, S., & HAYATI, H. F. A. (2018). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar” (Studi Pada Pkbm Insan Karya Pamulang Tangerang Selatan). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(2), 30. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i2.p30-48.2043

Husaini, R. N., & Sutama, S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Instansi Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 60–75. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.6649

Ibrahim, A., Rifa’i, B., & Dewi, R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat Miskin. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(4), 475–496. https://doi.org/10.15575/tamkin.v5i4.23925

Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 15. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410

Kontekstual, P. (n.d.). Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Kontekstual Management of Fiqh Learning with Contextual Approach Mulyawan Safwandy Nugraha Pusat Litbang Lektur , Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI Ai Rohayani Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Kota Sukabumi I . Di antara metode tersebut adalah pembelajaran Kontektual yang dalam Bahasa inggris dikenal dengan istilah Contextual Teaching and Learning disingkat CTL . Dalam beberapa riset berkaitan dengan Metode CTL dalam pembelajaran , disebutkan bahwa metode ini dapat. 30, 17–36.

Maghfirah, N. M. R. (2024). PKBM as an Alternative to Inclusive Education for the Community. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 12(1), 86. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.126673

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). 11+Gm+82-92. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.

Neni, N. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Terhadap Manajemen PKBM Dalam Mewujudkan Kinerja Lembaga PKBM di Kabupaten Garut. Jurnal Publik, 16(01), 01–09. https://doi.org/10.52434/jp.v16i01.102

Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). Pendekatan Peneletian Kombinasi: Sebagai “Jalan Tengah” Atas Dikotomi Kuantitatif-Kualitatif. Jurnal Moderat, 5(4), 530–548. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat

Rahmadania, R., Rahma, I. D., Hartati, M. S., & Bengkulu, U. M. (2025). Kajian teoritis tentang filsafat pendidikan dan aplikasinya dalam pembelajaran. 7(05), 691–699.

Rahman, A. A. (2024). Peran Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sotek ). 21(1), 155–162.

Rohman, T. (2024). Integrasi Pendekatan Metodologis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Analisis Dan Aplikasi Dalam Konteks Modern. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/6847

septiani, sisca, romadhon, kharisma, sa’idah, siti, afifah, hasna, Suyitno, margiono, susilawati, erni, holid, agus, Maulani, giandari, riyadi, toton, syarifah, tetin, romdoniyah, fida fadilatul, mukra, rizal, al-fikri, muhammad adib, johanto, pitrianti, siti, & sukamdi. (2024). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) (Issue May).

Tohani, E. (2022). Pengembangan Kapasitas Inovasi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melalui Pembelajaran Transformatif. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 425. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.425-436.2022

Warta, W., Zaeni, R., & Syam, A. (2023). Perencanaan Stratejik Pada Lembaga Pendidikan Nonformal Dan Informal ( Studi Kasus Pada PKBM Minda Utama Dan Homeschooling Millenial Unggul Di Kota Bandung ). November, 1549–1564. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4602

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/at-turas.v12i3.11933


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Heru Budi Santoso, Nur khasanah, Muhammad Fery Mustika, Yayan Sopyan, Syahrullah Syahrullah

This journal is licensed under a

 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

P-ISSN: 2355-567X, E-ISSN: 2460-1063

Anak Kos Surabaya Modal Rp75 Ribu Raih Rp247,6 Juta Dari Mahjong Ways 2 PGSoft

Fitur Offline Mode & Sync: Rencana Pengembangan Agar fijislot Dapat Diakses Meski Internet Terbatas

Pedagang Angkringan Kota Lama Heboh Usai Saldo Meledak Rp291 Juta dari Scatter Mahjong Ways 2

Pola Turbo 27x di Mahjong Ways 2 Lagi Viral Pemain Winslot118 Cuan Rp243.000.000 Tanpa Setting Akun

Iseng Main Mahjong Wins 3, Pemuda Pulang Bawa Rp210 Juta Hanya dalam 20 Menit

Jangan Lewatkan Pola Mahjong Ways Terkini Sudah Bikin Banyak Pemain Tarik Cuan Besar

Baru Join Sehari! Pemain Mahjong Wins 3 Winslot118 WD Rp243 Juta Modal Receh Rp99 Ribu

besar 2 di cukup pakai trik rahasia ini

Rahasia Terkuak 34 Spin Mahjong Ways 2 Hujani Scatter Pemain Pulang Bawa Rp275 Juta

Pakai QRIS Bikin Main Mahjong Ways Makin Mudah Pemain Bisa Jackpot Tanpa Repot Transfer Bank

Modal Rp90 Ribu, Penjual Pecel Lele Jogja Menang Rp242,3 Juta Dari Mahjong Ways 2 PGSoft

petualangan epik di gates of olympus spin penuh keberuntungan raih jackpot ratusan juta

Mekanik Motor Bermodal Rp100 Ribu Tembus Cuan Rp335 Juta dari Mahjong Ways 2, Kini Punya Bengkel Sendiri

Pola Manual Ganjil Genap Lagi Stabil di Mahjong Ways Mahasiswa UGM Berhasil Cuan Rp246.000.000