Afor, S., Arkiang, F., Ola, M. I., & Yanti, S. I. (2022). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 164–175. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.589
Bina, U., & Informatika, S. (2023). A r z u. 4, 83–98.
Di, P., Pekanbaru, M A. N., Setyaningsih, R., Hidayah, N., & Dinata, Y. (2015). INOVASI KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS CURRICULUM INNOVATION IN ENHANCING THE QUALITY OF EDUCATION AT MAN 1 PEKANBARU
Fadillah, A. Y., Aziza, N., & Martiah, L. (2021). Pengaruh Sinkronisasi Perencanaan Dan Penganggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Fairness, 10(1), 63–78. https://doi.org/10.33369/fairness.v10i1.15237
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Gunartin, G., SOFFIATUN, S., & HAYATI, H. F. A. (2018). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar” (Studi Pada Pkbm Insan Karya Pamulang Tangerang Selatan). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(2), 30. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i2.p30-48.2043
Husaini, R. N., & Sutama, S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Instansi Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 60–75. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.6649
Ibrahim, A., Rifa’i, B., & Dewi, R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat Miskin. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(4), 475–496. https://doi.org/10.15575/tamkin.v5i4.23925
Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 15. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410
Kontekstual, P. (n.d.). Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Kontekstual Management of Fiqh Learning with Contextual Approach Mulyawan Safwandy Nugraha Pusat Litbang Lektur , Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI Ai Rohayani Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Kota Sukabumi I . Di antara metode tersebut adalah pembelajaran Kontektual yang dalam Bahasa inggris dikenal dengan istilah Contextual Teaching and Learning disingkat CTL . Dalam beberapa riset berkaitan dengan Metode CTL dalam pembelajaran , disebutkan bahwa metode ini dapat. 30, 17–36.
Maghfirah, N. M. R. (2024). PKBM as an Alternative to Inclusive Education for the Community. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 12(1), 86. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v12i1.126673
Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). 11+Gm+82-92. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.
Neni, N. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Terhadap Manajemen PKBM Dalam Mewujudkan Kinerja Lembaga PKBM di Kabupaten Garut. Jurnal Publik, 16(01), 01–09. https://doi.org/10.52434/jp.v16i01.102
Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). Pendekatan Peneletian Kombinasi: Sebagai “Jalan Tengah” Atas Dikotomi Kuantitatif-Kualitatif. Jurnal Moderat, 5(4), 530–548. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat
Rahmadania, R., Rahma, I. D., Hartati, M. S., & Bengkulu, U. M. (2025). Kajian teoritis tentang filsafat pendidikan dan aplikasinya dalam pembelajaran. 7(05), 691–699.
Rahman, A. A. (2024). Peran Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sotek ). 21(1), 155–162.
Rohman, T. (2024). Integrasi Pendekatan Metodologis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Analisis Dan Aplikasi Dalam Konteks Modern. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/6847
septiani, sisca, romadhon, kharisma, sa’idah, siti, afifah, hasna, Suyitno, margiono, susilawati, erni, holid, agus, Maulani, giandari, riyadi, toton, syarifah, tetin, romdoniyah, fida fadilatul, mukra, rizal, al-fikri, muhammad adib, johanto, pitrianti, siti, & sukamdi. (2024). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) (Issue May).
Tohani, E. (2022). Pengembangan Kapasitas Inovasi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melalui Pembelajaran Transformatif. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 425. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.425-436.2022
Warta, W., Zaeni, R., & Syam, A. (2023). Perencanaan Stratejik Pada Lembaga Pendidikan Nonformal Dan Informal ( Studi Kasus Pada PKBM Minda Utama Dan Homeschooling Millenial Unggul Di Kota Bandung ). November, 1549–1564. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4602
Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057