Abdullah, M. Amin. (t.t).Pendekatan Hermeneutik dalam Studi Fatwa-fatwa Keagamaan. k.p: t.p.
Abdurrahman, Asjmuni. (2003). Sorotan terhadap Beberapa Masalah Sekitar Ijtihaddalam Ahmad Baidowi, M. Affan dan Ach. Baidowi Amiruddin (peny.), Rekonstruksi Metodologi Ilmu-Ilmu KeIslaman. Yogyakarta: SUKA-Press.
Afiff, Abdul Wahab. (1991). Fiqh (Hukum Islam) Antara Pemikiran Teoritis dengan Praktis. Bandung: Fakultas Shari‘ah IAIN Sunan Gunung Djati.
al-Faruqi, Ismail R. dan Rahman, Fazlur. (1993). Towards an Islamic Theory of International Relations: New Direction for Methodology and Thought. Herdon, Virginia: IIT.
al-Jauziyah, Ibn Qayyim.(1423 H). I’lam al-Muwaqqi’in ‘an Rabb al-‘Alamin, Vol. 6. Riyadl: Dar Ibn al-Jawzi.
al-Jauziyah, Ibn Qayyim.(1423 H). I’lam al-Muwaqqi’in ‘an Rabb al-‘Alamin, Vol. 5. Riyadl: Dar Ibn al-Jawzi.
al-Qurtubi. (1967). al Jami’ li Ahkam al Qur’an. Kairo: Dar al Katib al Arabi li al Tiba’ah wa an Nasr.
al-Syatibi. (1341 H).al Muwafaqat fi Usul al Ahkam. Beirut: Dar al Fikr.
al-Syawwâf, Muhami Munîr Muhammad Thâhir. (1993). Tahafut al-Qira’ah al-Mu‘ashirah. Cyprus: Al-Syawwâf li al-Nasyr wa al-Dirasat.
Anwar, Syamsul. (1997). Islamic Jurisprudence of Christian-Muslim Relations.Al Jami’ah, 60.
Arif, Syamsuddin. (2008). Mengupas Hermeneutika. Presentasi Seminar MPI-UMS.
Assyaukanie, Luthfi. (2002). Wajah Liberal Islam di Indonesia. Jakarta: JIL.
Carter, April. (1985). Otoritas dan Demokrasi, terj. Sahat Simamora. Jakarta: CV. Rajawali.
Foer, Franklin. (t.t). Moral Hazard in the New Republic Magazine, dari http://www.scholarofthehouse.org.
Gadamer, Hans-Georg. (2004). Kebenaran dan Metode: Pengantar Filsafat Hermeneutika, terj. Ahmad Sahidah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harisuddin, M Noor. (2006). Madzhab Fiqih Berbasis Lokalitas, Jurnal al-‘Adalah 9(3), 148.
Hassan, Ahmad. (1994). Early Development of Islamic Law. Delhi: Adam Publishers & Distributors.
Hayyan, Abu. (1993). Tafsir al Bahr al Muhit. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah.
Hidayat, Kamaruddin. (1996). Memahami Bahasa Agama Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Paramadina.
http://www.scholarofthehouse.org/abdrabelfad.html, dalam “About Dr. Khaled M. Abou El Fadl”.
Iqbal, Munawar dan Khan, M. Fahim. (1981).A Survey of Issues and a Programme for Research in Monetery and fiskal Economic of Islam. Islamabad: Pop-Boadr Printers, Ltd.
Khaled, Abou El Fadl. (2003). Melawan “Tentara Tuhan”: Yang Berwenang dan Yang Sewenang-wenang dalam Wacana Islam, terj. Kurniawan Abdullah. Jakarta: Serambi.
Khaled, Abou El Fadl. (2004). Atas Nama Tuhan dari Hukum Islam Otoriter ke Hukum Islam Otoritatif, Terj: R. Cecep Lukaman Yasin. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Khallaf, Abdul Wahab.(1972). Ilmu al Ushul Fiqh. Jakarta: MTDII.
Mahmood, Tahir. (1987). Personal Law in Islamic Countries (History Teks and Comparative Analysis). New Delhi: Academi of law and Religion.
Marwah, Hasan Basri. (t.t). Khaled Abou El Fadl: Hukum Islam Otoritatif untuk Kemanusiaan dalamhttp://www.serambi.co.id.
Misrawi, Zuhairi. (2005). Khaled Abou El Fadl Melawan Atas Nama Tuhan. Perspektif Progressif.
Muzir, Inyiak Ridwan. (2008). Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nyazee. (1994). Theories of Islmic Law: The Methodology of Ijtihaad. Islamabad: Islamic Research Insitute.
Romli, M. Guntur. (t.t). Membongkar Otoritarianisme Hukum Islam: Memahami syariat Islam Sebagai “Fikih Progresif”. Jurnal Perspektif Progresif, Humanis, Kritis, Trasformatif, Praktis, 1(1), 42.
Saeed,Abdullah. (2004). Menyoal Bank Shari‘Ah, Kritik Atas Interpretasi Bunga Bank Kaum Neo-Revivalis. Terj, Arif Maftuhin. Jakarta: Paramadina.
Saeed, Abdullah. (2006).Islamic Thought and Introduction. London and New York: Routledge.
Wahid, Marzuki. (2014). Fiqh Indonesia. Cirebon: ISIF.
Wijaya,Aksin. (t.t).Arah Baru Studi Ulum al-Qur`an Memburu Pesan. k.p: t.p.
Zahra, MuhammadAbu. (t.t). Ushu>l al Fiqh. tt: Dar al Fikr al Arabi.
Zarkasyi, Hamid Fahmi. (2004). Nilai Dibalik Hermeneutika. Jurnal Islamia, 1(1).