Pendampingan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada siswa dan Siswi MA Al-Jufri

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i1.2123

Authors (s)


(1) * Jaftiyatur Rohaniyah   (Universitas Islam Madura, Pamekasan)  
        Indonesia
(2)  Ainullah Ainullah   (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum, Pamekasan)  
        Indonesia
(3)  Fitrah Yuliawati   (Universitas Islam Madura, Pamekasan)  
        Indonesia
(4)  Linta Wafdan Hidayah   (Universitas Islam Madura, Pamekasan)  
        Indonesia
(5)  El Indahnia Kamariyah   (Universitas Islam Madura, Pamekasan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran online pada masa pandemic seringkali menjadi kendala pada siswa baik siswa SD, SMP dan SMA.  Hal ini disebabkan oleh keterbatasan alat dan keterbatasan pengetahuan pada platform yang dipakai dalam pembelajaran online. Seperti yang dialami oleh siswa dan siswi MA Al-Jufri di Blumbungan Kabupaten Pamekasan. Masalah yang seringkali mungcul dalam pelaksanaan pembelajaran online antara lain: keterbatasan siswa dalam memiliki smartphone android, wawasan dalam menjalankan akses pembelajaran online melalui platform yang ditunjuk sekolah. Dari masalah tersebut, perlu diadakan pendampingan pada siswa dan siswi di MA Al-Jufri tentang tatacara menjalankan fitur dalam beberapa platform yang bisa digunakan dalam pembelajaran online. Seperti zoom, google meet, blog dan google form. Maka dari itulah, pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pendampingan bagi siswa dan siswi MA Al-Jufri untuk memberikan kesiapan ilmu dan mental dalam belajar online di masa pandemi covid-19



Keywords

Pembelajaran Online, Covid-19



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 296 times | PDF files viewed : 549 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i1.2123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainullah Syakur, Jaftiyatur Rohaniyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.