PKM Diversifikasi Ragam Produk Olahan Berbahan Dasar Ikan Teri sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Paiton Probolinggo

Saifuddin Saifuddin(1*), Andre Dimas Fernando Putra(2), Moch Sofyan(3), Fadhlur Rohman(4), Mohammad Hasan Ainul Yaqin(5), Nailis Saadah Ali(6)
(1) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(2) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(3) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(4) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(5) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(6) Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i2.2241

Abstract

Besarnya potensi ikan teri di Indonesia serta adanya kecenderungan ekspor ikan teri gelondongan, maka diperlukan terobosan baru dalam dalam upaya diversifikasi dan pengembangan aneka produk olahan ikan teri. Meskipun muncul anggapan bahwa ikan teri sangat terjangkau, sebenarnya ikan teri juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi di pasaran dan dapat disejajarkan dengan jenis komoditi laut lainnya baik di pasar domestik maupun internasional. PKM ini bertujuan untuk melibatkan warga Paiton Probolinggo untuk mengidentifikasi berbagai jenis hasil diversifikasi dan pengembangan produk hasil olahan ikan teri khas Probolinggo. Identifikasi jenis produk, alat, bahan serta metode pengolahan dilakukan melalui survey, pendampingan dan dokumentasi. Hasil diversifikasi dan pengembangan produk olahan ikan teri yang kita fokuskan pada 2 variasi olahan yaitu sambal geranti dan teri crispy. Produk olahan ikan teri ini sangat layak untuk dijadikan satu potensi dalam pengembangan usaha kuliner unik khas Kabupaten Probolinggo. Kegiatan yang telah dilakukan berupa peningkatan kualitas produk, peningkatan nilai tambah ikan teri (diversifikasi produk teri olahan/teri crispy dan sambal), pemakaian kemasan, dan pemberian label produk tersebut. Berdasarkan pengamatan, masyarakat telah mendapatkan pengetahuan dan teknologi berkaitan dengan penanganan dan pengolahan hasil perikanan, serta melakukan pengemasan dan pelabelan produk tersebut.

Keywords


Identifikasi; Diversifikasi; Pengembangan Produk Ikan Teri

Article Statistic

Abstract view : 23 times
PDF views : 16 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.