PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19
AbstractGuru merupakan salah satu komponen utama dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Pendidikan paling dasar dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini yang merupakan ujung tombak keberhasilan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas, sehingga guru PAUD harus benar-benar memiliki kompetensi dan sikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Apalgi sekarang ini adanya Covid-19 yang merupakan hambatan paling besar di dunia Pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini, maka guru sangat membutuhkan adanya penyuluhan Pendidikan mengenai profesionalisme guru PAUD guna menanggulangi hambatan-hambatan yang ada. Hasil pelaksanaan penyuluhan mendaptkan dampak positif, yaitu adanya tambahan ilmu yang bermanfaat dan pemecahan masalah tentang hambatan-hambatan yang terjadi di dunia Pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.
|
Keywords
Full Text:
References
Amri, S. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori Konsep dan Analisis. PRESTASI PUSTAKARYA.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148
Fajri, Z. (2019a). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/478
Fajri, Z. (2019b). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/477
Golu, S. F. (2016). THE USE OF MEDIA VIDEO TO IMPROVE THE SCIENCE LEARNING INTEREST OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI BAKALAN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5), 692–702.
Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Andi Offset.
Handayani, S. (2006). Perlibatan Masyarakat Marginal Dalam Perencanaan dan Penganggaran Partisipasi (Cetakan Pertama). Kompip Solo.
Hazmi, N. (2019). TUGAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Jamaludin,D., Ratnasih T, Gunawan H., P. E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan ,Solusi dan Proyeksi.Karya Tulis ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 67, 1–10.
Kemdikbud. (2005). Salinan Undang-Undang No 14 Tahun 2005. http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UUNo142005(Guru & Dosen).%0Apdf. Diakses pada 13 November 2016 Pukul 09.15
Kunandar. (2009). Guru Profesional: Impelentasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertfikasi Guru. Rajawali Pers.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Matnuh, H. (2017). Perlindungan Hukum Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 46–50.
Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665
Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Ningrum, E. (2009). Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. BUANA NUSANTARA.
Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru Sd / Mi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa). CV BUDI UTAMA.
Puspitasari, Y., Tobari, & Kesumawati, N. (2021). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU. 6(1).
Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Guru Profesionalisme Guru Abad 21. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 777–785. https://core.ac.uk/download/pdf/289793503.pdf
Rindjin, K. (2007). Pengembangan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, X(X), 0215–8250.
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sulfemi, W. B. (2019). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia Dalam Menghadapi Mea. 106, 62–77. https://doi.org/10.31227/osf.io/czxus
Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah dengan Penguatan Konsep Khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41–66. https://doi.org/10.21009/004.01.03
Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana.
Utami, Indah Hari, U. H. (2020). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA. PIONIR (Jurnal Pendidikan), 8(2), 121–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232
10.33650/guyub.v2i3.2756 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Zaenol Fajri, Muhammad Yasin, Muhammad Masykur, Mohammad Wahyu Adi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.