PKM Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Self-Organizing Maps untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan di CV Karunia

Kamil Malik(1), Istiqomatus Septiani(2*), Iva Nikmatul Maula(3), Yoga Pratama(4), Julita Maudi Riski(5), Kholidatur Rosyida(6), Kholifatus Sholeha(7), Laily Musyarofah(8), Nida Famutiyari Tahta Annisa(9), Zulfa Lailatus Syarifah(10)
(1) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(2) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(3) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(4) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(5) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(6) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(7) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(8) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(9) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(10) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.2796

Abstract

CV. Karunia Probolinggo merupakan salah satu distributor yang bergerak di bidang penjualan dan distribusi kosmetik, salah satu tugasnya adalah melayani pelanggan yang telah melakukan pemesanan, oleh karena itu untuk setiap pengiriman pesanan harus tercatat dengan baik. Agar distributor bisa mengelompokkan pelanggan sesuai wilayah dan pesanan, cara ini memudahkan untuk mengetahui wilayah mana dan pelanggan yang hanya memiliki jumlah pesanan paling banyak. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan strategi pemasaran berbasis Self-Organizing Maps (SOM) untuk meningkatkan layanan pelanggan di CV Karunia. Oleh karena itu harus mempunyai strategi pemasaran, misalnya dengan menggunakan metode SOM (Self Organizing Maps) yang bertujuan untuk memudahkan upaya pemasaran dan pengelompokan pelanggan sesuai dengan keinginan dan kebiasaan pelanggan, agar memperoleh hasil yang maksimal. upaya pengambilan keputusan pelanggan dan optimalisasi proses layanan pelanggan dan optimasi.

Keywords


Segmentasi Pelanggan; Metode SOM; Strategi Pemasaran

References


Ahsan, N. F. (2010). “Clustering Data Mahasiswa menggunakan SOM untuk menentukan Startegi promosi universitas kanjuruhan Malang,“ Ilkom 207 , 15-17.

Istiana, M. I. (2016). “Segemntasi Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means Sebagai Strategi Pemasaran pada LAROIBA Seluler,“ Jurnal 12903, 12-13.

Karomi, M. A. (2016). “Meningkatkan hasil Segmentasi Pelanggan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means dan Outler Removal Clusstering,“ STMIK , 2-11. Februari 2007.

Magfirah, A, T. B. (2015). Menggunakan Data Mining Sebagai Customer Pada Bank Untuk Meningkatkan Customer Relationship management (CRM) dengan Metode Klasifikasi (Algoritma J-48, Zero-R dan Naive Bayes). Prosiding SNST, 11.

Saefullah, A, M. (2106). “Penerapan Metode Klasifikasi Data MIning Untuk prediksi Kelulusan Tepat waktu,“ STMIK jurnal , 14-17.


Article Statistic

Abstract view : 10 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.