PKM Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Self-Organizing Maps untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan di CV Karunia
Authors (s)
(1)  Kamil Malik   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2) * Istiqomatus Septiani   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Iva Nikmatul Maula   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Yoga Pratama   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Julita Maudi Riski   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Kholidatur Rosyida   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Kholifatus Sholeha   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Laily Musyarofah   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(9)  Nida Famutiyari Tahta Annisa   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(10)  Zulfa Lailatus Syarifah   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractCV. Karunia Probolinggo merupakan salah satu distributor yang bergerak di bidang penjualan dan distribusi kosmetik, salah satu tugasnya adalah melayani pelanggan yang telah melakukan pemesanan, oleh karena itu untuk setiap pengiriman pesanan harus tercatat dengan baik. Agar distributor bisa mengelompokkan pelanggan sesuai wilayah dan pesanan, cara ini memudahkan untuk mengetahui wilayah mana dan pelanggan yang hanya memiliki jumlah pesanan paling banyak. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan strategi pemasaran berbasis Self-Organizing Maps (SOM) untuk meningkatkan layanan pelanggan di CV Karunia. Oleh karena itu harus mempunyai strategi pemasaran, misalnya dengan menggunakan metode SOM (Self Organizing Maps) yang bertujuan untuk memudahkan upaya pemasaran dan pengelompokan pelanggan sesuai dengan keinginan dan kebiasaan pelanggan, agar memperoleh hasil yang maksimal. upaya pengambilan keputusan pelanggan dan optimalisasi proses layanan pelanggan dan optimasi. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 196 times | PDF files viewed : 135 times10.33650/guyub.v2i3.2796 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yoga Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.