PKM Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Self-Organizing Maps untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan di CV Karunia

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2796

Authors (s)


(1)  Kamil Malik   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2) * Istiqomatus Septiani   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Iva Nikmatul Maula   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Yoga Pratama   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Julita Maudi Riski   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Kholidatur Rosyida   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Kholifatus Sholeha   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Laily Musyarofah   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(9)  Nida Famutiyari Tahta Annisa   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(10)  Zulfa Lailatus Syarifah   (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


CV. Karunia Probolinggo merupakan salah satu distributor yang bergerak di bidang penjualan dan distribusi kosmetik, salah satu tugasnya adalah melayani pelanggan yang telah melakukan pemesanan, oleh karena itu untuk setiap pengiriman pesanan harus tercatat dengan baik. Agar distributor bisa mengelompokkan pelanggan sesuai wilayah dan pesanan, cara ini memudahkan untuk mengetahui wilayah mana dan pelanggan yang hanya memiliki jumlah pesanan paling banyak. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan strategi pemasaran berbasis Self-Organizing Maps (SOM) untuk meningkatkan layanan pelanggan di CV Karunia. Oleh karena itu harus mempunyai strategi pemasaran, misalnya dengan menggunakan metode SOM (Self Organizing Maps) yang bertujuan untuk memudahkan upaya pemasaran dan pengelompokan pelanggan sesuai dengan keinginan dan kebiasaan pelanggan, agar memperoleh hasil yang maksimal. upaya pengambilan keputusan pelanggan dan optimalisasi proses layanan pelanggan dan optimasi.



Keywords

Segmentasi Pelanggan; Metode SOM; Strategi Pemasaran



Full Text: PDF



References


Ahsan, N. F. (2010). “Clustering Data Mahasiswa menggunakan SOM untuk menentukan Startegi promosi universitas kanjuruhan Malang,“ Ilkom 207 , 15-17.

Istiana, M. I. (2016). “Segemntasi Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means Sebagai Strategi Pemasaran pada LAROIBA Seluler,“ Jurnal 12903, 12-13.

Karomi, M. A. (2016). “Meningkatkan hasil Segmentasi Pelanggan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means dan Outler Removal Clusstering,“ STMIK , 2-11. Februari 2007.

Magfirah, A, T. B. (2015). Menggunakan Data Mining Sebagai Customer Pada Bank Untuk Meningkatkan Customer Relationship management (CRM) dengan Metode Klasifikasi (Algoritma J-48, Zero-R dan Naive Bayes). Prosiding SNST, 11.

Saefullah, A, M. (2106). “Penerapan Metode Klasifikasi Data MIning Untuk prediksi Kelulusan Tepat waktu,“ STMIK jurnal , 14-17.


Article View

Abstract views : 172 times | PDF files viewed : 114 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2796


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yoga Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.