ibM Pengembangan Sistem Informasi Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo

Andi Wijaya(1*), Indatul Jannah(2), Nunik Fauziyah(3), Santi Fuji Anggraini(4), Hanifah Hanifah(5)
(1) Universitas Nurul Jadid
(2) Universitas Nurul Jadid
(3) Universitas Nurul Jadid
(4) Universitas Nurul Jadid
(5) Universitas Nurul Jadid
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.2800

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat secara otomatis menuntut peningkatan kualitas sumber daya tenaga pondok pesantrean dalam bidang teknologi informasi. Dengan sistem informasi dapat menunjang perkembangan pesantren terdepan dalam mewujudkan visi dan misi yayasan pondok pesantren. Oleh karena itu Yayasan Pondok Pesantrean Nurul Hikmah yang mendukung menyediakan fasilitas sistem informasi. Saat ini pondok pesantrean telah dapat menggunakan Internet namun pemanfaatan jaringan Internet ini masih belum maksimal. Model pengembangan yang digunakan dalam penilitian ini adalah model waterfall atau juga disebut model air terjun. Metode ini sering digunakan karena dalam tahap pengembangan perangkat lunak dilakuan secara sistematis dan berurutan. Dari hasil pengabdian yang telah lakukan menghasilkan sebuah sistem informasi Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Aplikasi tersebut dapat membantu pesantrean dalam mengelola pusat informasi yang akan disampaikan oleh pengurus pesantren kepada masyarakat, alumni dan wali santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Dengan adanya sistem ini wali santri, alumni dan masyarakat mendapatkan informasi yang valid terkat dengan yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah.

Keywords


sistem informasi; yayasan; Pondok pesantren

References


Andi Wijaya, A. S. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI INFORMASI KEHADIRAN KEGIATAN. Nusantara Journal of Computers and its Applications, 6.

Mochammad Faid, M. J. (2017). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN SAMPAH DI PONDOK. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (p. 5). Malang: ITN Malang.

Reyhannisa Erico Dwi Ramadhana, A. F. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 7.


Article Statistic

Abstract view : 18 times
PDF views : 1 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.