ibM Pengembangan Sistem Informasi Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2800

Authors (s)


(1) * Andi Wijaya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Indatul Jannah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Nunik Fauziyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Santi Fuji Anggraini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Hanifah Hanifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat secara otomatis menuntut peningkatan kualitas sumber daya tenaga pondok pesantrean dalam bidang teknologi informasi. Dengan sistem informasi dapat menunjang perkembangan pesantren terdepan dalam mewujudkan visi dan misi yayasan pondok pesantren. Oleh karena itu Yayasan Pondok Pesantrean Nurul Hikmah yang mendukung menyediakan fasilitas sistem informasi. Saat ini pondok pesantrean telah dapat menggunakan Internet namun pemanfaatan jaringan Internet ini masih belum maksimal. Model pengembangan yang digunakan dalam penilitian ini adalah model waterfall atau juga disebut model air terjun. Metode ini sering digunakan karena dalam tahap pengembangan perangkat lunak dilakuan secara sistematis dan berurutan. Dari hasil pengabdian yang telah lakukan menghasilkan sebuah sistem informasi Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Aplikasi tersebut dapat membantu pesantrean dalam mengelola pusat informasi yang akan disampaikan oleh pengurus pesantren kepada masyarakat, alumni dan wali santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Dengan adanya sistem ini wali santri, alumni dan masyarakat mendapatkan informasi yang valid terkat dengan yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah.


Keywords

sistem informasi; yayasan; Pondok pesantren



Full Text: PDF



References


Andi Wijaya, A. S. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI INFORMASI KEHADIRAN KEGIATAN. Nusantara Journal of Computers and its Applications, 6.

Mochammad Faid, M. J. (2017). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN SAMPAH DI PONDOK. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (p. 5). Malang: ITN Malang.

Reyhannisa Erico Dwi Ramadhana, A. F. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 7.


Article View

Abstract views : 166 times | PDF files viewed : 117 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2800


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.