PKM Pelatihan Penggunaan Aplikasi Murottal Metode Wafa Juz 30 Berbasis Android kepada Para Guru Ngaji di Desa Demung Kecamatan Besuki

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2832

Authors (s)


(1) * Muafi Muafi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Irfan Ardiansyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Hasan Basori   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Herdiyanto Herdiyanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Husni Mubarok   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Hidayatus Sofyan   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Ifdol Khulafaur Rosidi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Ilzam Fauzi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Al-Qur’an mempunyai metode yang bermacam-macam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan aplikasi Murotal berbasis android. Peneliti memilih Guru Ngaji di Desa Demung Kec Besuki Kab. Situbondo. Adapun objek penelitian adalah Implementasi Metode Wafa dalam Pembelajaran Juz 30 berbasis Android, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Guru Ngaji di Desa Demung Kec. Besuki. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa Implementasi Metode Wafa dalam Pembelajaran Juz 30 berbasis Android kepada Para Guru Ngaji di Desa Demung Kec. Besuki, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1) Pembuka. Bagian ini terdiri dari salam dan doa pembuka serta Alpha zone, 2) Kegiatan Inti. Bagian ini


Keywords

Pendampingan; Metode Wafa; Workshop



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 348 times | PDF files viewed : 157 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2832


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muafi muafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.