PKM Pelatihan Perlindungan Hukum bagi Guru dalam Upaya Pendisiplinan Siswa di Lembaga Pendidikan Az-Zainiyah III Desa Randumerak Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.3092

Authors (s)


(1) * Faridy Faridy   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Taufiqul 'Amal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Aulia Oktarisa   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Viqi Fadilatur Rizqiyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Siti Maymuna   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Amirul Fauzah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Dzurrotul Muniroh Ahdaniah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Zilfiyah Firdausiy   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(9)  Rizka Amalia   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian ini dilakukan dengan metode pemberdayaan partisipatoris. Peneliti melakukan pengabdian berupa pelatihan dan penyuluhan hukum dengan berpartisipasi langsung dengan para guru. Sasaran penyuluhan hukum ini adalah seluruh guru RA, MI, MTs Az-Zainiyah III di Desa Randumerak Paiton. Jumlah keseluruhan dari guru RA, MI, MTs Az-Zainiyah III di Desa Randumerak Paiton adalah 30 orang. Adapun tindak lanjut pengabdian ini disesuaikan dengan dana dan fasilitas yang tersedia maka pada saat ini kegiatan tersebut sudah terealisasikan. Pengabdian ini telah mencapai indikator, antara lain meningkatnya pemahaman peserta mengenai pendisiplinan yang harus dimiliki dan dijunjung tinggi oleh seluruh guru RA, MI, MTs Az-Zainiyah III Desa Randumerak Paiton. Pemahaman mengenai pendisiplinan guru bagi guru-guru RA, MI, MTs Az-Zainiyah III Desa Randumerak Paiton berdampak pada menurunnya jumlah pelanggaran dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.



Keywords

perlindungan hukum; guru; kedisiplinan siswa



Full Text: PDF



References


Adimihardja, K., & Hikmat, I. H. (2003). Participatory Research Appraisal: Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Humaniora.

Affandi, A. (2016). Dampak Pemberlakuan Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Guru Dalam Mendidik Siswa. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2), 196–208.

Budiono, A., & Wafda Izziyana, S. (2018). Konsep Etik Perlindungan Hukum Terhadap Profesi Guru. Justitia Jurnal Hukum, 2(2).

Fauzi, I. (2017). Dinamika kekerasan antara guru dan siswa; studi fenomenologi tentang resistensi antara perlindungan guru dan perlindungan anak. Jurnal TARBIYATUNA, 10(2), 40–69.

Fuad, F., Istiqomah, I., & Achmad, S. (2020). Dialektika Perlindungan Hukum Bagi Guru Dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 1(1), 55–64.

Hardiansyah, A., & Khisni, A. (2018). Tindak Pidana Kekerasan Dalam Proses Belajar Mengajar Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana Dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jurnal Daulat Hukum, 1(1).

Idawati, I. (2016). TINJAUN HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN PROFESI GURU DAN ANAK DIDIK. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 1(02).

Komara, E. (2016). Perlindungan Profesi Guru di Indonesia. Mimbar Pendidikan, 1(2).

Laoh, Y. E., & Lololng, W. R. J. (2021). Perlindungan Profesi Guru Atas Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Siswa. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 16–24.

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Pratiwi, R., & Syukur, M. (2019). DAMPAK PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP PENDISIPLINAN SISWA DI SMK NEGERI 2 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 117–122.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49–54.

Rionaldi, A. (2014). Tinjauan yuridis terhadap kekerasan yang dilakukan oknum guru terhadap murid di sekolah. Jurnal Ilmu Hukum, 1–17.

Saihu, S., & Taufik, T. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Guru. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(2), 105–116.

Sudibyo, A., & Kiyamudin, E. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Guru Dalam Melaksanakan Tugas Keprofesionalannya Dikaitkan Dengan Punishment Dalam Mendisiplinkan Siswa. Journal Presumption of Law, 1(2).

Yahdi, M. (2010). FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 211–225.


Article View

Abstract views : 126 times | PDF files viewed : 107 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.3092


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faridy Faridy, Taufiqul 'Amal, Aulia Oktarisa, Viqi Fadilatur Rizqiyah, Siti Maymuna, Amirul Fauzah, Dzurrotul Muniroh Ahdaniah, Zilfiyah Firdausiy, Rizka Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.