PKM Pendampingan Pengurus dalam Membentuk Santri Berkarakter Jujur di Asrama MI Nurul Mun’im Pondok Pesantren Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.3131

Authors (s)


(1) * Moh Rofiki   (Universitas Nurul Jadid ,Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Zubaidi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)
(3)  Imam Subki   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Lukman Sholeh   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendampingan ini bertujuan untuk membina para pengurus yang ada di Wilayah Nurus Shobah Pondok Pesantren Nurul Jadid agar mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, utamanya pada sikap kejujuran di dalam kesehariannya, mengingat tugas pengurus adalah mendampingi santri (anak) mulai sejak mereka bangun untuk melaksanakan aktivitas di pagi hari hingga menjelang tidur kembali. Adapun metode yang digunakan selama proses pembinaan ini adalah metode ceramah dengan pendekatan partisipatoris. Hasil dari pengabdian ini bahwa karakter anak dapat dipahami melalui beberapa hal antara lain; gambar yang ia buat, gerakan tubuh maupun tangan, serta perubahan pada ekspresi wajah mereka. Selain itu, untuk mewujudkan kejujuran pada anak, penting bagi pengurus untuk menyakinkan pada mereka bahwa kejujuran akan mendatangkan keuntungan pada mereka, melahirkan kepercayaan dari orang lain, serta perlu melatih mereka untuk bertutur kata yang benar dan tidak menjadikan kebohongan sebagai kebiasaan karena akan sangat merugikan orang lain.



Keywords

pendampingan; pengurus; karakter jujur



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 285 times | PDF files viewed : 220 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.3131


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Rofiqi, Ahmad Zubaidi, Imam Subki, Lukman Sholeh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.