PKM Pendampingan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi Pesantren Zona Tapal Kuda Jawa Timur

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i1.3676

Authors (s)


(1) * M. Noer Fadli Hidayat   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Di tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merilis kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Balajar (MBKM) sebagai kerangka dalam menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Pokok - pokok dari kebijakan MBKM meliputi: (1) pembukaan program studi baru; (2) sistem akreditasi perguruan tinggi; (3) perguruan tinggi badan hukum (4) hak belajar tiga semester di luar program studi. Dengan kebijakan tersebut Perguruan Tinggi Pesantren dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan melalui berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi. Tujuan PKM ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan perguruan tinggi pesantren zona tapal kuda Jawa Timur dapat mengimplementasikan program MBKM Mandiri dan kemitraan antar perguruan tinggi pesantren. Hasil yang dicapai dari PKM ini adalah tersusunnya dokumen kebijakan dan dokumen panduan teknis dan prosedur operasional baku program MBKM serta terlaksananya program MBKM Pertukaran santri yang diikuti oleh 40 mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi Pesantren Zona Tapal Kuda Jawa Timur



Keywords

MBKM, Perguruan Tinggi, Pesantren



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 401 times | PDF files viewed : 394 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i1.3676


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M Fadli Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.