PKM Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Peserta Didik Taman Pengasuhan Anak Ar-Rahmah Pondok Pesantren Nurul Jadid

Ahmad Zubaidi, Mistria Harmonis, Ismail Marzuki
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i1.3678



Abstract

Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pendampingan dalam rangka mempraktikkan Pola hidup Persih dan sehat pada Taman Pengasuhan Anak Ar-Rahmah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Aktivitas yang dilaksanakan oleh anak didik Siswa-siswi A-Rahmah di antaranya, pengenalan makanan sehat gizi seimbang; cuci tangan dengan memakai sabun; pengenalan pengelolaan sampah, kebersihan rumah; pengenalan vektor penyakit yang disebabkan oleh serangga (lalat, kecoa, serta tikus). Ada pun pengenalan materi-materi tersebut dilaksanakan dengan metode cerita dan bermain peran (role playing) disertai dengan gambar-gambar menarik. Hasil kegiatan memperlihatkan hasil pemahaman yang cukup baik, yang ditunjukkan dengan hasil: 80 % peserta didik di TPA Ar-Rahmah mampu membiasakan diri hidup bersih dan sehat baik disekolah mapun dirumah.



Keywords

Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat, Taman Pengasuhan Anak

Full Text:

PDF

References

Gandha Sunaryo Putra, Iin Maulina, Ufi Ruhama, Selviana, & Linda Suwarni. (2020). PKM Penerapan Inovasi Pembelajaran di Paud Pati Gumentar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 175–179. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2097

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, W., Suarmini, N. W., Hermanto, H., Mahfud, C., & Widyastuti, T. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini—Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu—Rungkut Surabaya. SEWAGATI, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016

Sulastri, N. M., Herlina, H., & Sarilah, S. (2021). Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Virus Corona. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(1), 120. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i1.3601

Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i1.3678


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Zubaidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.