PKM Pengaplikasian Metode Makhraji di Rumah Qur’an Mahasiswa KKN Desa Padang Luar dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4868

Authors (s)


(1) * Ridhatullah Assya'bani   ((SINTA ID : 6200862) Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Ryan Maulana   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Rizki Maulana   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Jamil Jalal   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(5)  Sandy Aulia Rahman   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(6)  Muhammad Fatih   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(7)  Ahmad Salim   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


PkM ini dilatarbelakangi oleh beragamnya aktivitas dan kegiatan anak-anak di daerah pedesaan, namun kebanyakan diisi dengan hiburan semata. Maka dari itu banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) untuk belajar agama, khususnya cara membaca Al-Quran. Namun hal ini masih saja belum optimal dikarenakan sebagian Guru disana tidak menerapkan pembelajaran ilmu tajwid dan tahsin, maka dengan demikian, dijalankanlah program kegiatan Baca Tulis Qur’an (BTQ) yang diselenggarakan setiap sore di Rumah Qur’an (posko KKN).

Yaitu memakai suatu metode untuk memudahkan anak di dalam membaca Alquran, yaitu metode Makhraji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Makhraji, serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pembelajaran membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode Makhraji mampu diterapkan di desa Padang Luar, karena dengan menggunakan metode ini mampu menarik anak-anak untuk rajin membaca Al-Qur'an dan juga agar anak tidak merasa bosan ketika belajar membaca Al-Quran.



Keywords

Makhraji Method; Qur’an's House; KKN



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 273 times | PDF files viewed : 237 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4868


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridhatullah Assya'bani, Muhammad Ryan Maulana, Muhammad Rizki Maulana, Muhammad Jamil Jalal, Sandy Aulia Rahman, Muhammad Fatih, Ahmad Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.