PKM Pengaplikasian Metode Makhraji di Rumah Qur’an Mahasiswa KKN Desa Padang Luar dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4868

Authors (s)


(1) * Ridhatullah Assya'bani   ((SINTA ID : 6200862) Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Ryan Maulana   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Rizki Maulana   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Jamil Jalal   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(5)  Sandy Aulia Rahman   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(6)  Muhammad Fatih   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(7)  Ahmad Salim   (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an Amuntai, Hulu Sungai Utara)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


PkM ini dilatarbelakangi oleh beragamnya aktivitas dan kegiatan anak-anak di daerah pedesaan, namun kebanyakan diisi dengan hiburan semata. Maka dari itu banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) untuk belajar agama, khususnya cara membaca Al-Quran. Namun hal ini masih saja belum optimal dikarenakan sebagian Guru disana tidak menerapkan pembelajaran ilmu tajwid dan tahsin, maka dengan demikian, dijalankanlah program kegiatan Baca Tulis Qur’an (BTQ) yang diselenggarakan setiap sore di Rumah Qur’an (posko KKN).

Yaitu memakai suatu metode untuk memudahkan anak di dalam membaca Alquran, yaitu metode Makhraji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Makhraji, serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pembelajaran membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode Makhraji mampu diterapkan di desa Padang Luar, karena dengan menggunakan metode ini mampu menarik anak-anak untuk rajin membaca Al-Qur'an dan juga agar anak tidak merasa bosan ketika belajar membaca Al-Quran.



Keywords

Makhraji Method; Qur’an's House; KKN

Full Text: PDF

References


Darwin. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid dan Tahsin Terhadap Hasil Belajar Al-Quran (Studi kasus pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Kendari Sulawesi Tenggara). Jurnal Fikratuna, 9(1).

Hisyam bin Mahrus Ali Al-Makky. (2013). Bimbingan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Zam-Zam.

Nur Mawaddah dkk. (2022). Kontribusi Rumah Al-Quran An-Nasiha Dalam Upaya Membimbing Dan Meningkatkan Hafalan Al-Quran Anak-Anak Di Desa Benteng. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1).

Quantum Tahsin dan Tahfidz STIQ Amuntai. (2019). METODE MAKHRAJI Pedoman Tahsin Alquran Bagi Pemula. CV Hemat Publishing.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadia Media.

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB, 7(1).


Article View

Abstract views : 276 times | PDF files viewed : 240 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4868


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridhatullah Assya'bani, Muhammad Ryan Maulana, Muhammad Rizki Maulana, Muhammad Jamil Jalal, Sandy Aulia Rahman, Muhammad Fatih, Ahmad Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.