PKM Pelatihan dan Pembinaan Baca Tulis Alqur’an di TPQ Krajan, Desa Mlandingan Kulon, Mlandingan, Kab. Situbondo
AbstractMempelajari al-Qur’an berarti belajar membunyikan huruf-hurufnya sesuai tempat keluarnya sesuai kaidah tajwid dan menulisnya. Tentunya tingkatan ini adalah tingkatan yang paling awal dan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran al-Qur’an pada tingkatan selanjutnya. PkM dengan konsep Pelatihan Baca tulis Al Qur’an yang diselenggarakan di TPQ Krajan, Desa Mlandingan Kulon, Kecamatan Mlandingan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an anak yang sedang belajar di TPQ dengan formula metode pembelajaran Al Qur’an yang efektif. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melalui beberapa tahapan, diantaranya adalah dengan metode observasi kegiatan terlebih dahulu dengan cara menggali informasi kepada tokoh masyarakat sekitar tentang kegiatan baca tulis Al Qur’an, sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan edukatif dan partisipatoris guna mencapai target capaian selama kegiatan ini dilaksanakan. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan menggunakan metode pendampingan kepada peserta didik di TPQ dalam belajar membaca dan menulis Al Qur’an. Hasil kegiatan ini adalah bahwa Kemampuan Peserta pelatihan dan pembinaan baca tulis Al-Qur’an relatif masih kurang mencapai target, akan tetapi selama kegiatan pelatihan dan pembinaan berlangsung kemampuan peserta cukup meningkat dari 25% menjadi 50%. berdasarkan hal tersebut diperlukan pendampingan dan pembinaan yang berkelanjutan serta dibutuhkan metode yang tepat dan menarik sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta dalam baca tulis Al-Quran. Adapun metode yang dapat dilakukan antara lain menerapkan metode pembelajaran yang disukai oleh Peserta sehingga kemampuan menyerap pelajaran dapat meningkat. namun demikian setelah pelatihan dilakukan terdapat peningkatan keterampilan dan motivasi belajar Peserta dalam baca dan menulis Al Qur'an. Anak yang dibekali dengan pendidikan Al-Qur’an diharapkan nantinya akan tumbuh menjadi individu yang berkarakter mulia. dan salah satu cara untuk memahami Al-Qur’an adalah mampu membaca dan menuliskannya dengan baik dan benar. ditempat – tempat pendidikan harus senantiasa dibekali pendidikan Al Qur’an dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. |
Keywords
Full Text:
References
Anjani, R. Y., & Tasdiq, H. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.555
Farida, E. (2013). Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an dan Penguatan Agama Siswa Madrasah Tsanawiyah di 8 Kota Besar di Indonesia. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i3.419
Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, S., Hamirul, H., Diana, E., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595–604.
https://doi.org/10.47679/ib.2022271
Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906
Hermawan, I. Y. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 39. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.183
Irman Sumantri. (2022). Metode Follow The Line dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 91–102. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5565
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78
Mahalli, M.-, Sadiyah, K., & Kholili, S. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QURAN PADA SISWA SD NEGERI 2 KUWASEN JEPARA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 148–153. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1745
Nurisman, H., Suyana, N., Fahrudin, A., & Widiyarto, S. (2022). PENGUATAN LITERASI BACA QUR’AN: PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK-ANAK PEDAGANG PASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 214–219. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3689
Sauri, S., Hapsah, S. H., Amri, N., Jumad, A., Najwa, S., Latifaturrahmaniah, L., & Sakrani, A. (2021). IMPLEMENTASI METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ DUSUN LELONGGEK DESA SUNTALANGU. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 54–61. https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.200
Waston, W., & Rois, M. (2017). PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (STUDI PEMIKIRAN PROF. DR. ZAKIYAH DARADJAT). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298
10.33650/guyub.v4i1.5865 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Achmad Suhaili, Ruslan Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.