PKM Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Kalibuntu V Probolinggo
Authors (s)
(1) * Ahmad Zubaidi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPengabdian di SD Kalibuntu V ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung dengan menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, meski dengan materi yang sama yakni belajar membaca, menulis, dan menghitung. Sementara untuk guru bertujuan bertukar pengalaman dalam bidang mengajar dan memberikan pembelajaran yang menarik untuk meretas kebosanan siswa dalam belajar membaca, menulis dan menghitung. Metode dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini antara lain : 1). Melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten probolinggo, tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian 2). Pelaksanaan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru pada SD Kalibuntu V 3). Merumuskan fokus kegiatan pengabdian bersama dengan kepala sekolah 4). Pelaksanaan kegiatan 5). Evaluasi kegiatan 6). Penyusunan laporan dan publikasi. Hasil dari kegiatan PkM antara lain: 1) Siswa pada SD Negeri Kalibuntu V, sudah bisa membaca, menulis dan menghitung setelah dilakukan pendampingan selama tiga bulan. 2) Motivasi siswa untuk belajar semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari semakin aktif siswa dalam mengumpulkan tugas, mengunjungi ruang baca dan tidak jarang mereka meminta pekerjaan rumah kepada guru. 3) Kolaborasi antara guru dan wali murid semakin terpuruk, sehingga pengawasan belajar siswa semakin terarah dan saling mendukung. 4) Guru semakin kreatif dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, meskipun hanya menggunakan seadanya
|
Keywords
Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 379 times | PDF files viewed : 247 times10.33650/guyub.v4i1.5909 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Zubaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.