PKM Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Kalibuntu V Probolinggo
Authors (s)
(1) * Ahmad Zubaidi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPengabdian di SD Kalibuntu V ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung dengan menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, meski dengan materi yang sama yakni belajar membaca, menulis, dan menghitung. Sementara untuk guru bertujuan bertukar pengalaman dalam bidang mengajar dan memberikan pembelajaran yang menarik untuk meretas kebosanan siswa dalam belajar membaca, menulis dan menghitung. Metode dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini antara lain : 1). Melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten probolinggo, tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian 2). Pelaksanaan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru pada SD Kalibuntu V 3). Merumuskan fokus kegiatan pengabdian bersama dengan kepala sekolah 4). Pelaksanaan kegiatan 5). Evaluasi kegiatan 6). Penyusunan laporan dan publikasi. Hasil dari kegiatan PkM antara lain: 1) Siswa pada SD Negeri Kalibuntu V, sudah bisa membaca, menulis dan menghitung setelah dilakukan pendampingan selama tiga bulan. 2) Motivasi siswa untuk belajar semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari semakin aktif siswa dalam mengumpulkan tugas, mengunjungi ruang baca dan tidak jarang mereka meminta pekerjaan rumah kepada guru. 3) Kolaborasi antara guru dan wali murid semakin terpuruk, sehingga pengawasan belajar siswa semakin terarah dan saling mendukung. 4) Guru semakin kreatif dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, meskipun hanya menggunakan seadanya
|
Keywords
References
Ayu, C., Faizah, F., & Sukmawati, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 107–113. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1114
Ben Hassen, T. (2022). A Transformative State in the Wake of COVID-19: What Is Needed to Enable Innovation, Entrepreneurship, and Education in Qatar? Sustainability, 14(13), 7953. https://doi.org/10.3390/su14137953
Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163
Hamzah, R. A. (2021). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SEKOLAH DASAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI MELALUI OPTIMALISASI PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 121–133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517
Musa Azhari, B., Alifia Puteri, H., Azizah, I., Kamila, N., Azifatun Nazwa, H., & Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 250. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1058
Ramadhani, Y. D., & Bianti, R. R. (2017). AKTIVITAS FISIK DENGAN PERILAKU SEDENTARI PADA ANAK USIA 9-11 TAHUN DI SDN KEDURUS III/430 KELURAHAN KEDURUS KECAMATAN KARANG PILANG SURABAYA. Adi Husada Nursing Journal (AHNJ). https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/view/93
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Wahyu Adinda, D., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066–1070. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700
Article View
Abstract views : 380 times | PDF files viewed : 247 times10.33650/guyub.v4i1.5909 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Zubaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.