PKM Pengembangan Desa Ekonomi Digital melalui Pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Sertifikasi, Komersialisasi, dan Digitalisasi Produk Lokal Desa Clarak Kabupaten Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v4i3.6850

Authors (s)


(1) * M Noer Fadli Hidayat   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Achmad Febrianto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Abdillah Mundir   (Universitas Yudharta, Pasuruan)  
        Indonesia
(4)  Ahmad Ibnu Akil   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Chairun Nisa'   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Lina Amelia   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Rizqi Alif Yanuar   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Uyun Nabila   (Universitas Yudharta, Pasuruan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masyarakat Desa Clarak yang belum mampu meningkatkan potensi desanya secara maksimal, sementara desa ini memiliki potensi besar menjadi desa mandiri ekonomi digital. Secara geografis, pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) menjadikan Desa Clarak sebagai desa yang strategis dalam pengembangan UMKM karena berbatasan langsung dengan jalur jalan tol. Tujuan dari PKM ini adalah menghubungkan produk/usaha lokal masyarakat dengan UMKM dengan memberikan pendampingan layanan merek dagang, pemasaran digital (e-commerce), dan sertifikasi produk halal. Hasil dari PKM ini adalah terdaftarnya merek dagang Café Nyantol sebagai bisnis lokal binaan Clarak, terdaftarnya hak cipta salah satu motif batik pelaku usaha lokal Clarak, terbentuknya e-commerce Clarak Store, terdaftarnya salah satu produk es krim ke Komisi Fatwa MUI, serta beberapa produk usaha lainnya. Outcome yang diharapkan dari PKM ini adalah terbentuknya kesadaran dan pengetahuan pelaku usaha lokal, UMKM, dan BUMDES Desa Clarak untuk mendigitalisasi seluruh produknya hingga terbentuk Clarak sebagai Desa Ekonomi Digital. 


Keywords

ekonomi digital, sertifikasi produk, e-commerce



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 132 times | PDF files viewed : 113 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v4i3.6850


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Noer Fadli Hidayat, Achmad Febrianto, Abdillah Mundir, Ahmad Ibnu Akil, Chairun Nisa', Lina Amelia, Rizqi Alif Yanuar, Uyun Nabila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.