PKM Fasilitasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Sekolah Penggerak Tahun Pertama di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Kabupaten Jombang
AbstractEpisode 7 Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemdikbud Ristek adalah Program Sekolah Penggerak (PSP). SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT (SMADU 2) terseleksi pada PSP Angkatan 2 untuk mengikuti rangaian kegiatan selama tiga tahun. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMADU 2 melalui PSP Angkatan 2 akan mendapatkan fasilitas pendampingan konsultatif dan asimetris dari kementrian terkait yang dalam hal ini dilakukan oleh Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP). Saat ini FSP telah menyelesaikan pendampingan tahun pertama dan sedang berjalan pendampingan tahun kedua. Metode Fasilitasi pendampingan yang dilkukan diwujudkan dalam tiga bentuk yaitu Pendampingan Individu, Pendampingan Satuan Pendidikan, dan Pendampingan Kelompok. Dari tiga bentuk tersebut diwujudkan dalam empat jenis kegiatan yaitu Pokja Manajemen Operasional (PMO) Tingkat Sekolah, Kunjungan Lapangan, Refleksi Satuan Pendidikan, dan Lokakarya. Dalam satu tahun pendampingan, FSP telah menghasilkan/membentuk hal-hal sebagai berikut: kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah; memfasilitasi pemberdayaan kompetensi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam aspek pengembangan diri dan orang lain, kepemimpinan pembelajaran, manajerial, dan pengambangan sekolah; memfasilitasi pengembangan kompetensi guru dalam aspek penguasaan pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional, dan pengembangan profesi berkelanjutan; melakukan pemantauan dan evaluasi kemajuan perkembangan kompetensi pembelajaran kepala sekolah, pengawas sekolah dan Guru.
|
Keywords
Full Text:
References
Hamzah, R. A. H. (2022). Pendampingan Penguatan Komite Pembelajaran 3 “Merancang dan Memandu Refleksi” Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Soppeng. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 4(2), 95-102.
Hindriana, A. F., Setiawati, I., Solihin, N., & Sholikah, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(03), 254-260.
Irfan, M., Rahman, A., & Aras, L. (2023). “Makin Dekat, Makin Cepat”: Pengaruh Pokja Manajemen Operasional (PMO) dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1).
Kroesbergen, E. H., Huijsmans, M. D., & Friso-van den Bos, I. (2023). A meta-analysis on the differences in mathematical and cognitive skills between individuals with and without mathematical learning disabilities. Review of Educational Research, 93(5), 718-755.
Pawero, A. M. D., Luma, M., Danial, Z. T., & Salim, A. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Pondok Pesantren. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9-22.
Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Inderawati, R., Kurniadi, E., Lisnani, L., Rawani, D., ... & Septimiranti, D. (2023). PELATIHAN GURU PROFESIONAL” MERDEKA BELAJAR” MELALUI COLLABORATIVE LEARNING BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH DI KOTA PAGARALAM. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 33-40.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Salam, F. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di homeschooling. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(13).
Sunariati, R. (2022, April). Kolaboratif apresiatif: Mengembangkan kompetensi IT guru professional di era merdeka belajar. In Seminar Nasional Pembelajaran Matematika (pp. 106-117).
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179-190.
Wiyani, N. A. (2012). Manajemen pendidikan karakter: konsep dan implementasinya di sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.
Zahara, R., Nasution, F. S., Yusnadi, Y., & Surya, E. (2022). Implementasi Pembelajaran Blended Learning di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6482-6490.
Sugiarto, K., & Susanti, L. E. (2018). Hak Untuk Tidak Dituntut Atas Dasar Hukum Yang Berlaku Surut Terkait Dengan Penerapan Asas Retroaktif. DAFTAR ISI YUSTISIA MERDEKA: Jurnal Ilmiah Hukum Volume 3 Nomor 2 September 2017, 137.
Sugiarto, K. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Pemilik Bisnis Melalui Instagram Dalam Perjanjian On Line Apabila Terjadi Wanprestasi Menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. YUSTISIA MERDEKA: Jurnal Ilmiah Hukum, 4(2).
Malasari, A. N., Damayanti, N. A., & Sugiarto, K. (2021). Analisis Kebutuhan Tenaga Perawat di RSUD dr. Soedono Madiun. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 497-502.
Mustikasari, V. D., Malasari, A. N., Rochmah, T. N., & Sugiarto, K. (2023). The Effect of Willingness to Pay on Customer Preferences for Health Insurance Membership: A Systematic Review. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2).
Puspita, S., & Sugiarto, K. (2022). Akibat Hukum Terhadap Ahli Waris Yang Tidak Ditetapkan Sebagai Penerima Waris. YUSTISIA MERDEKA: Jurnal Ilmiah Hukum, 8(1), 80-86.
10.33650/guyub.v4i3.7253 |
Refbacks
Copyright (c) 2023 Kantrey Sugiarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.