Abu Hassan, M. A., & Musa, K. (2020). Tahap profesionalisme guru sekolah kebangsaan di Semenanjung Malaysia. Management Research Journal, 9(2), 37–45. Retrieved from https://ojs.upsi.edu.my/index.php/MRJ/article/view/3536
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19
Audifax. (2015). Research: Sebuah pengantar untuk Mencari Ulang Metode Penelitian dalam Psikologi. Yogyakarta: Jalasutra.
Awalludin, A., & Lestari, Y. (2017). Pengembangan Modul Menulis Makalah pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121-130. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.762
Chevalier, J. M. & Buckles, D. J. (2019). Participatory Action Research: Theory and Methods for Engaged Inquiry (Second Edition). Routledge.
Fawaid, A. (2016). Pengantar Penulisan Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Frankel, K. K., Becker, B. L. C., Rowe, M. W., & Pearson, P. D. (2016). From “What is Reading?” to What is Literacy? The Journal of Education, 196(3), 7–17. https://www.jstor.org/stable/26612624
Hidayah, Y. (2023). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi SISWA/I SMA N 6 Yogyakarta. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 3(1), 111–117. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v3i1.101
Hidayat, M. N. F. & Fawaid, A. (2023). PKM Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap. Guyub: Journal of Community Enggagement, 4(1), 34-65. https://doi.org/10.33650/guyub.v4i1.5928
Kasiyan, K., Zuhdi, B., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53. doi:http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
Krisanjaya, dkk. (2022). Menulis Esai Akademis. Yogyakarta: Kanisius.
Kumar, T. (2020). Approaches in Teaching Writing Skills with Creative Writing: A TESOL Study for Indian Learners. TESOL International Journal, 15(5), 78-98. https://eric.ed.gov/?id=EJ1329510
Liliani, E., Wiyatmi, Yulianeta, Budiyanto, D., & Kusmarwanti. (2021). Pelatihan Menulis Cerpen Berwawasan Mitigasi Bencana Pandemi Covid-19 untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Dimasatra: Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 9-16. DOI: https://doi.org/10.17509/dm.v2i1.47503
Mursidi, N. (2016). Tip Sukses Meresensi Buku di Koran. Elex Media Komputindo.
Noermanzah, N., Abid, S., & Septaria, S. (2018). Improving the Ability of Writing a Narrative Charge by Using Animated Images Media Student Class VB SD Negeri 17 Lubuklinggau. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 114-127.
Noermanzah, N., Arono, A., Diani, I., & Wulandari, C. (2023). Pelatihan Penulisan Esai bagi Guru Bahasa Indonesia dalam Menanamkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Strategi QAR. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 99–110. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.30376
Nurseto, T. ., Wahyuni, D. ., Baroroh, K. ., Ngadiyono, N., & Sulasmi, S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis 4C1L untuk Kemandirian Riset Siswa SMAN 3 Yogyakarta . Jurnal Anugerah, 5(2), 219–231. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6333
Putra, G. A., & Mariati, R. . (2023). Pembekalan Dan Pelatihan Penulisan Esai Pada Mahasiswa/i Jurusan Agribisnis. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 154–160. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.420
Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-51. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236
Setyaningrum, D. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 7(1), 125-135.
Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2019). Pelatihan Mengajar Dan Menulis Laporan Hasil Belajar Dalam Bahasa Inggris Untuk Guru SMP/SMA Tumbuh Yogyakarta. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 89-96. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1368
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245