KLASIFIKASI JENIS DAGING AYAM FORMALIN DAN NON FORMALIN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR



Authors (s)


(1) * Diandra Febrian Pratama   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Dimas Filla Fitroh Alfian   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Hafidzul Hasan   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik, karena mengandung asam amino esensial yang lengkap dengan perbandingan yang cukup serta serat – serat dagingnya yang pendek dan lunak sehingga lebih mudah dicerna. Salah satu bahan tambahan pangan pada daging ayam yaitu formalin yang digunakan agar ayam menjadi berwarna putih bersih, tekstur daging lebih kenyal, tidak dihinggapi lalat dan tidak mudah busuk. Berbagai bahaya serius yang akan dihadapi jika formalin masuk ke dalam tubuh manusia diantaranya yaitu akan menekan fungsi sel, menyebabkan kematian sel, dan menyebabkan keracunan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membedakan daging ayam berformalin dan daging ayam non formalin. Daging ayam dapat diidentifikasi berdasarkan fitur terkstur dan fitur warna yang terdapat pada daging, fitur tektur yang digunakan dalam penelitian ini yakni fitur rerata intensitas, devisiasi standar, skewness, energi, entropi dan smoothness. Sedangkan fitur warna  yang digunakan yakni rerata, deviasi standar, skewness dan kurtosis. Nilai hasil dari ekstraksi ciri yang digunakan, selanjutnya yakni di klasifikasikan dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni 70 data latih dan 30 data uji. Hasil pengujian yang telah dilakukan, nilai akurasi metode KNN paling tinggi terdapat pada k=1, k=3 dan k=9 dengan akurasi sebesar 86%. Sedangkan k=5 dan k=7 sama-sama mendapatkan nilai akurasi sebesar 83%.




Full Text: PDF



References


Agustina, F., & Ardiansyah, Z. A. (2020). Identifikasi Citra Daging Ayam Kampung dan Broiler Menggunakan Metode GLCM dan Klasifikasi-NN. Jurnal Ilmiah Infokam, 16(1).

Kadir, A., & Susanto, A. (2013). Teori dan aplikasi pengolahan citra. Yogyakarta: Andi.

Lihayati, N., Pawening, R. E., & Furqan, M. (2016). Klasifikasi Jenis Daging Berdasarkan Tekstur Menggunakan Metode Gray Level Coocurent Matrix. SENTIA 2016, 8(1).

Nurhayati, O. D. (2015). Sistem analisis tekstur secara statistik orde pertama untuk mengenali jenis telur ayam biasa dan telur ayam omega-3. Jurnal Sistem Komputer, 5(2).

Prasetyo, E. (2012). Data mining konsep dan aplikasi menggunakan matlab. Yogyakarta: Andi, 1.

Qur’ania, A., Karlitasar, L., & Maryana, S. (2012). Analisis tekstur dan ekstraksi fitur warna untuk klasifikasi apel berbasis citra. Lokakarya Komputasi Dalam Sains Dan Teknologi Nuklir, 296–304.

Setyaputra, A. A. (2010). Klasifikasi Daging Ayam Menggunakan Naive Bayes Classifier Berdasarkan Pada Ekstraksi Fitur Tekstur Histogram. A11. 2010.05611 S.

Waliyansyah, R. R., & Fitriyah, C. (2019). Perbandingan Akurasi Klasifikasi Citra Kayu Jati Menggunakan Metode Naive Bayes dan k-Nearest Neighbor (k-NN). JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), 157–163.

Whidhiasih, R. N., Wahanani, N. A., & Supriyanto, S. (2013). Klasifikasi Buah Belimbing Berdasarkan Citra Red-Green-Blue Menggunakan Knn Dan Lda. Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded Dan Logic, 1(1), 155397.


Article View

Abstract views : 272 times | PDF files viewed : 146 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diandra Febrian Pratama, Dimas Filla Fitroh Alfian, Hafidzul Hasan

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com