PENTINGNYA EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI GERAKAN GEMAR MENABUNG
AbstractLiterasi merupakan komponen dasar yang amat penting dalam mendukung kecakapan masyarakat abad-21. Literasi dasar terdiri dari 6 hal, yakni literasi bahasa, literasi numerisasi, literasi sains, literasi digital, literasi financial/keuangan, serta literasi budaya/kewarganegaraan. Edukasi literasi keuangan merupakan pendidikan tentang cara mengelola keuangan secara bijak sesuai kebutuhan. Edukasi literasi keuangan diberikan pada anak sejak usia dini dengan harapan agar anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik sehingga dapat terbebas dari permasalahan financial di masa depan dan bisa mencapai kesejahteraannya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berupa kegiatan sosialisasi atau penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi keuangan pada anak usia dini melalui sosialisasi pengenalan uang dan fungsinya, pengenalan celengan dan konsep menabung, simulasi contoh kegiatan menabung serta memotivasi peserta didik di PAUD Al-Muhaimin agar gemar menabung. Melalui gerakan menabung yang sederhana ini, anak akan belajar mengelola keuangannnya dengan menyisihkan uang saku/uang jajan. Kegiatan ini turut mendukung program Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2016. Setelah mengikuti proses edukasi literasi keuangan, diharapkan peserta didik di PAUD Al-Muhaimin dapat memiliki celengan pribadi dan mampu menerapkan kegiatan menabung dalam kehidupan sehari-hari. Namun pengawasan dan peningkatan angka literasi keuangan perlu dikembangkan dan terus digalakkan agar bisa berjalan secara berkesinambungan hingga mamppu mengangkat angka literasi keuangan Indonesia.
|
Keywords
Full Text:
References
Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Amalia, A. R., Fatmawat, L., Rahmah, N., Nilasari, R., & Amelia, T. (2021). Gerakan Literasi Keuangan Melalui Media Menabung Sejak Dini. DEDIKASI, 1(1), 34–43.
Ansari, K. (2020). Eksistensi Literasi dalam Kalangan Generasi Milenium. Journal of Malay Language, Education and Literature, 11(2), 18–25.
Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100
Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/477
Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., &
Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012178
Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1964
Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584
HS, S. R., & Indriayu, M. (2017). Kajian Literasi Keuangan Pada Siswa Menengah Atas (SMA): Sebuah Pemikiran. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1–9.
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Edisi Khusus Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 37–43. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/download/4436/1397.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063
Masdudi. (2019). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–26. https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.739
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini.
Rakhmawati, I., Avonita, O. L., Tsalimna, U. M., Nisa, L., & Putri, B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini. Abdi Psikonomi, 2(3), 143–150. https://doi.org/10.1007/978-3-658-22081-5_2
Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533
Subroto Rapih. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2), 14–28.
Sumiyati. (2017). Mengenalkan Pengelolaan Keuangan Pada Anak Sejak Usia Dini. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman V, 1(1), 29–47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ira Febriliana Dewi Riza, Himmatul Azizah, Yulia Sofiana, Ummami Ummami, Ayu Andila
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com