KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM MENENTUKAN MATRIKS LAPLACE DARI HIPERGRAF HIPER-REGULER C(K,L,N,M)



Authors (s)


(1) * Diana Putri Prahasti   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Fajri Maulana   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi dan disrupsi pasca pandemi COVID-19 membuat kita diharuskan mampu beradaptasi. Salah satu bentuk adaptasi paling sederhana adalah berpikir. Berpikir merupakan hal utama yang dilakukan sebelum kita melakukan sesuatu. Keterampilan berpikir dibedakan menjadi keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Salah satu keterampilan berpikir yang digalakkan akhir-akhir ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Keterampilan ini merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Mengembangkan keterampilan ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri dalam menyelesaikan permasalahan kompleks yang memerlukan tingkat pemahaman mulai dari aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi, dan mencipta. Salah satu permasalahan HOTS yang dikaji disini adalah mengkonstruksi matriks Laplace dari hipergraf hiper-reguler Ck,l,n,m. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh bentuk umum matriks Laplace dari hipergraf hiper-reguler C(k,l,n,m) melalui tahapan-tahapan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deduktif aksiomatik menggunakan metode pendeteksian pola yang dikategorikan ke dalam penelitian eksploratif dan terapan. Hipergraf merupakan struktur yang mampu mengubungkan lebih dari 2 titik/verteks. Dengan kata lain, hipergraf adalah generalisasi dari graf. Hipergraf hiper-reguler C(k,l,n,m) adalah hipergraf yang dikonstruksi dari suatu graf k-reguler dengan menambahkan l titik di setiap sisi graf tersebut sehingga menjadi hipergraf (2+l)-seragam dengan orde n+lm dan ukuran m. Matriks ketetanggaan dari hipergraf hiper-reguler C(k,l,n,m) dapat ditentukan melalui matriks ketetanggaan dan matriks keterkaitan dari graf k-regulernya. Selanjutnya, melalui tahapan keterampilan berpikir tingkat tinggi didapatkan bahwa bentuk umum matriks Laplace dari hipergraf hiper-reguler C(k,l,n,m) dapat ditentukan melalui matriks ketetanggaan dan matriks keterkaitan dari graf k-regulernya juga. Matriks signless Laplace, matriks Seidel, dan keintegralan merupakan bahan yang menarik untuk dikaji selanjutnya.

 




Keywords

Hipergraf; Hiper-reguler; HOTS; Matriks Laplace, Taksonomi Bloom



Full Text: PDF



References


Astuti, Mulia., dkk. (2014). Non existence of Integral Hypergraph. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI.

Chartrand, G., dan Leniak, L. (2000). Graphs and Digraphs (3th Edition). California: Chapman and Hall.

Dewy, Ellita P., dkk. (2015). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Keantiajaiban Super Total Selimut Graf Circulant. Jurnal Kadikma, 6 (3): 122-131.

Hakim, Bahtian R., dkk. (2021). Analisis HOTS pada Instrumen Penilaian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2): 246-254.

Maulana, Fajri, dkk. (2018). [Tidak Dipublikasikan]. Keintegralan dan Konektifitas Aljabar dari Hipergraf Hiper-reguler C(k,l,n,m). Repository Institut Teknologi Bandung.

Maulana, F., Yuniawati, N.T. (2018). Students’ Problem Solving Ability in Non-routine Geometry Problem. International Journal of Information and Education Technology, 8(9): 661-667.

Maylisa, Ika N., dkk. (2015). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pewarnaan Sisi r-dinamis pada graf khusus. Jurnal Kadikma, 6(3): 132-141.

Purwanto, Wahyu R., dkk. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perspektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, ISSN: 2686-6404.

Putri, Faiq F., dkk. (2020). Konsep Dasar Hipergraf dan Sifat-sifatnya. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP), 12 (2): 49-62.

Widyastuti, Rany. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): 183-193.


Article View

Abstract views : 90 times | PDF files viewed : 35 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diana Putri Prahasti, Fajri Maulana

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com