PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN KAMPUS



Authors (s)


(1) * Muhammad Fadil Hasan   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Anum Maulana Wagiyanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Ainul Yaqin   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Abdulloh Aqil   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Moh. Imron   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Mohammad Fauzan   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Mohammad Najib   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(8)  Moh. Yoga Febrian Syah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia terus mengalami peningkatkan, hal ini menyadarkan banyak elemen masyarakat yang tergerak untuk mengembalikan fungsi pendidikan. Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui keefektifan pengembangan media aplikasi Game Seks Edukasi berbasis android tentang edukasi seks. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan aplikasi Game Seks Edukasi dapat meningkatkan pengetahuan pendidikan seks pada mahasiswa. Mahasiswa mampu mengidentifikasi anggota keluarga, mampu memahami jenis-jenis pelecehan seksual, cara melindungi diri sendiri , cara merawat bagian tubuh, dan mengetahui tindakan – tindakan yang termasuk pelecehan baik secara langsung atau melalui media.


Keywords

Pengembangan Game,Pencegahan Kekerasan, Lingkungan Kampus

Full Text: PDF

References


Rusman, Deni Kurniawan & Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Aiffah, G. I., & Religia, W. A. (2020). Child Sexual Abuse Prevention Program: Reference to the Indonesian Government. Jurnal PROMKES, 8(2), 238. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i2.2020.238-252

Livano, V. F., Ciputra, U., & Town, U. C. (2009). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pendidikan Karakter Berbasis Android. https://informatika.uc.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/snapti-2016/59-69%20-%20Livano%20VF.%20Rancang%20Bangun%20Aplikasi%20Game%20Edukasi%20Pendidikan%20Karakter%20Berbasis%20Android.pdf

Marsiami, A. S. (2021). Pengaruh Penerapan Game Edukasi Kesehatan Reproduksi (KEPO) terhadap Keterampilan Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 7784.

https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIK/article/view/1471

Kartikasari, M., Alfianti Oktavia, C., & Maulidi, R. (2018, December). Efektivitas Game Edukasi Sebagai Media Sosialisasi Bagi Anak Usia

Dini. In Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) 2018 (pp. 44-49). Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah malang. http://repository.stiki.ac.id/1398/

Putra Pratama, S. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SEXUAL HARASSMENT GUNA MEMBERIKAN EDUKASI MENGENAI KESEHATAN DAN KEKERASAN DALAM HUBUNGAN REMAJA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/6310/

Prasetyo, T. F., Bastian, A., & Sifana, T. (2020). Game Edukasi Pengenalan Gangguan Psikologis Remaja Menggunakan Metode DGBL-ID. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 3(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1929485&val=13467&title=Game%20Edukasi%20Pengenalan%20Gangguan%20Psikologis%20Remaja%20Menggunakan%20Metode%20DGBL-ID

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. Center for Promoting Ideas, USA www.aijcrnet.com. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 6

Unicef. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak.

Unicef.Org, 1-16.

WHO. (2018). International technical guidance on sexuality education. In United Nations

Educational Scientific and Cultural Organization SDGs.


Article View

Abstract views : 451 times | PDF files viewed : 193 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Fadil Hasan, Muhammad Anum Maulana Wagiyanto, Muhammad Ainul Yaqin, Muhammad Abdulloh Aqil, Moh. Imron, Mohammad Fauzan, Mohammad Najib, Moh. Yoga Febrian Syah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com