MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI TENAGA PENDIDIK
AbstractPendidik merupakan kebutuhan pokok dalam proses belajar mengajar. Keberadaannya berimplikasi terhadap terarahnya para peserta didik dalam menjalani proses belajar yang baik. Namun beberapa lembaga pendidikan menghadapi kesulitan dalam mewujudkan pendidik yang berintegritas mengabdi meningkatkan kualitas masyarakat melalui pendidikan. Program ini menggunakan pendekatan PAR. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diawali musyawarah bersama tokoh masyarakat dan alumni Pesantren, pembagian tugas dan penunjukkan pihak yang terlibat yaitu masyarakat umum. Tipe kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya demokratis dengan kombinasi gaya-gaya kepemimpinan lainnya secara relatif, Tahapannya dimulai dengan pengarahan bagi masyarakat yang akan menjadi guru (jemput bola), Model yang diterapkan adalah pewujudan kepercayaan dan tanggung jawab lewat komunikasi aktif dan langsung serta tidak langsung tanpa paksaan dan hal yang menyinggung perasaan. Implikasinya adalah terwujudnya kesadaran masyarakat yang tinggi, pembagian tugas dan waktu bertugas (Organizing), serta pemberian penghargaan (Reward) dan materi kepada masyarakat, terwujudnya rasa keikhlasan dengan prinsip ahsanul a’mal, terwujudnya kemauan untuk melakukan proses belajar mengajar sesuai kompetensi, adanya keinginan untuk berpartisipasi dalam membangun desa lewat pendidikan, adanya keinginan untuk mengamalkan ilmu pengetahuan pada setiap masyarakat yang terlibat, terciptanya kekompakan antar sesama warga desa. Harapan tindakan selanjutnya adalah agar pengelola MADINA aktif mengontrol dan mengefektifkan lancarnya proses belajar mengajar yang ada dengan merencanakan program-program yang melibatkan guru, dalam pelatihan-pelatihan, pelaksanaan pertemuan yang bekualitas. |
Keywords
Full Text:
References
Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research for Education, a introduction to theory and methods. Bostom: Allyn dan Bacon Inc.
Daryanto, M. 2001. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan Langgulung. 1979. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Hasbullah, , 2006. Otonomi Pendidikan; Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan.
Hasibuan, Malayu S. P. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia; dasar dan kunci keberhasilan.
Hasibuan, Malayu S.P. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia; Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Hasibuan, Malayu S.P. 1990. Manajeman: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Haji Masagung.
Imron, Ali dkk. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Jack, Duncan W.1981.Organizational Behavior, Boston: Houghton Mifflin Coy.
Mantja, W. 1994. Tehnik Wawancara Mendalam. Malang: Lemlit IKIP Malang.
Marno. (Tesis, 2001). Madrasah dalam perspektif masyarakat menengah atas (studi tentang parential choice of education di MIN Malang. Malang: PPs. UIN Malang.
Mauliani. (Tesis, 2002). Problematika Pengembangan Madrasah, (studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Sabilal Muhtadin Balik Papan Kal-Tim. Malang: PPs. UIN Malang.
Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2006. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nasution, S. 1988; Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. IV, Jakarta: Bina Aksara.
Nur, Moh. Amin (Tesis, 2002). Masyarakat dan Mutu Pendidikan; Kajian tentang Strategi Pondok Pesantren Darut Tauhid Malang dalam meningkatkan peran serta masyarakat untuk pengembangan mutu. Malang: PPs. UIN Malang.
Online, http://www.malang.ac.id/indo/acara2.htm, diakses 19 Januari 2007
Online, http://www.bagais.go.id, diakses, 17 Januari 2008.
Online. Madrasah Diniah Belum Miliki Standar Kurikulum, Sel, 21 Juni 2005), http://www.pikiranrakyat.com/cetak/2005/0604/21/01.htm, diakses 14 Januari 2008.
O’Donnel, Koontz. 1980. Management, by Mc graw Hill Kogakusha, Ltd., for manufacture and export.
Papayungan, M.M. 1996. Pengembangan dan Peningkatan Mutu SDM Menuju Masyarakat Industrial Pancasila DALAM: Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Masa Depan. diterbitkan ICMI: PT. Citra Putra Bangsa dan Mizan.
Pidarta, Made. 1988. Manajeman Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
Puslitbang. 2005. Kepemimpinan Madrasah Mandiri, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Robbins dan Coulter, (online) http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/macam-gaya-kepemimpinan-kepemimpinan.html, 12 Januari 2011.
Soetopo, H. B. 1988. Konsep-Konsep Dasar Dalam Penelitian Kualitatif. Makalah Seminar Nasional Penelitian Dosen FKIP/FIS. UNS., Surakarta, 26-27 Agustus.
Soetopo, Hendyat & Wasty. 1982. Soemanto. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Usmara. Paradigma Baru Manajemen SDM. Yokyakarta: Amara Books, 2002.
Wahjosumidjo. 1993. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ach. Muchyiddin, Muhammad Hosen, Moh Mabrur, Syamsul Aimmah Burhanuddin, Usamah bin Muhammad, Moh Yusni Fatoni, Asy'ari Asy'ari
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com