PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN SOFTWARE PHOTOSHOP DI SMK MA’ARIF NU GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO



Authors (s)


(1) * Alfina Ananda Putri   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Annisya Fitriana Abadi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Dzurratul Afra   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelatihan Desain Grafis menggunakan Software Adobe Photoshop di SMK Ma’arif NU Gending bertujuan untuk membekali siswa dan siswi agar lebih memahami dunia desain grafis khususnya desain promosi produk dan jasa.  Hal ini juga dapat memberikan wawasan kepada siswa agar dapat berkembang dan bersaing dalam bidang Desain Grafis. Pelatihan ini diberikan kepada siswa-siswi SMK Ma’rif Nu Gending Jurrusan Rangkaian Perangkat lunak (RPL). Metode pembelajaran yang dilakukan selama pelatihan menggunakan Modul Tutorial dan Project Based Learning. Hasil dari pelatihan ini peserta sangat antusias selama mengikuti pelatihan, peserta juga dapat membuat desain promosi produk dan jasa berupa brosur, poster dan baner.




Keywords

Pelatihan, Desain Grafis, Photoshop, Siswa SMK Ma’arif NU



Full Text: PDF



References


Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Pelatihan desain grafis dan fotonovela untuk warga graphic and photonovela design training for citizens. Kumawula, 219–226.

Evin, C. B., & Rumpak, A. D. (2019). Analisis Pengembangan Desain Grafis Dalam Aplikasi Photoshop Sebagai Peluang Bisnis Mahasiswa Institut Bisnis Dan Multimedia ASMI. Jurnal SISTEM INFORMASI, 33-40.

Jubilee. (2013). Kiat Praktis Membuka Usaha Bermodal Photoshop. Elex Media Komputindo.

Migotuwio, N. (2020). Grafis: Kemarin, Kini, dan Nanti. Yogyakarta: Alinea Media Dipantara.

Novijayanto, E., Wulandari, W., Krismonika, Y., & Asnawati, A. (2020). Pelatihan Komputer Grafis (Adobe Photoshop) Sebagai Upaya Peningkatan Softskill Siswa SMKS 21 Qhaway Sahab Kota Bengkulu. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Eksakta),, 1.

Nugrahani, R. (2015). Peran Design Grafis Pada label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi Jurnal Seni, 128.

Rhani, A. R. (2020, 10 9). Kompas. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/09/080000669/mengenal-adobe-photoshop


Article View

Abstract views : 82 times | PDF files viewed : 112 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfina Ananda Putri, Annisya Fitriana Abadi, Dzurratul Afra

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com