PROTOTYPE LAMPU OTOMATIS PENCEGAH HAMA BERBASIS PANEL SURYA



Authors (s)


(1) * Alaika Nurir Robby   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Alvan Firmansyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Energi matahari (surya) banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan energi surya yang bisa dilaksanakan adalah dalam bentuk Pembangkit Listrik  Tenaga Surya (PLTS). Pada Penelitian ini akan di rancang suatu sistem tenaga listrik solar cell dengan kapasitas 10 MW on-grid yang berlokasi di sekitar wilayah D.I. Yogyakarta. Kinerja sistem tenaga listrik solar cell 10 MW on-grid disimulasikan dengan menggunakan software RETScreen Clean Energy Project Analysis software,yang dirancang oleh Natural Resources Canada. Proyek ini dimulai dengan studi prefeasibility sistem tenaga listrik solar cell 10 MW on-grid menggunakan software RETScreen yang memiliki database yang luas dari data meteorologi termasuk radiasi global harian horisontal surya dan juga database berbagai komponen sistem energi  terbarukan dari produsen yang berbeda. Kinerja teknis dan finansial dari sistem tenaga listrik solar cell 10 MW on-grid disimulasikan dengan menggunakan software RETScreen. Analisis awal dari hasil simulasi menunjukkan bahwa proyek ini secara sosial bermanfaat bagi masyarakat. Rancangan ini diharapkan dapat digunakan sebagai model untuk mengembangkan jaringan Sistem  Tenaga  Listrik Tenaga Surya (PLTS).




Keywords

Arduino; Hama; Surya; Panel, Mrikrokontroler



Full Text: PDF



References


Setiawan, Afrie, (2010). Aplikasi Mikrokontroler ATMega8535 dan ATMega 16 Menggunakan BASCOM AVR (Yogyakarta: Andi. (1) 25-33.

Supriono, (2009). Kontrol Motor DC Pada Lift Barang Melalui Jaringan Jala-Jala PLN. Skripsi tidak diterbitkan, Malang: Jurusan Elektro ITS.

Lajanto, (2013). “ Sistem Kendali Umpan Balik Pada Lampu Berbasis Short Message Service (SMS)”. Jurnal, Pontianak: Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura..

Forji Nurzaman, (2008). “Rancang Bangun Pensaklaran Otomatis yang Terhubung dengan HP Menggunakan Mikrokontroler Atmega8535”. Tugas Akhir, Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Diponegoro..

A. Hartoyo and Seno D. Panjaitan. (2012). “Development of Automation System for Room Lighting Based of Fuzzy Logic Control”, International Journal of Information and Electronics Engineering,vol.2, No.4, 2012

Seno D. Panjaitan, Aryanto Hartoyo, Muhammad Saleh, Hendro Priyatman dan Jefry. 2013. “Web-based Telecontrol of Room Lighting and Temperature via SMS Gateway”. Proceeding of the 2nd 2013 IEEE Conference on Controls, System & Indusrial Informatics Bandung, Indonesia 23-26 June 2013.

Rahmiati, P., Firdaus, G., & Fathorrahman, N. (2014). Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 2(1), 1-14.

Enterprise. J. (2010). Step By Step Ponsel Android. Jakarta: PT. Elexmedia Kompotindo.

Nazruddin. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Kholilah, I., & Al Tahtawi, A. R. (2017). Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor. Jurnal Teknologi Rekayasa, 1(1), 53-58.


Article View

Abstract views : 93 times | PDF files viewed : 67 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alaika Nurir Robby, Alvan Firmansyah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com