PEMBUATAN KERAJINAN BERBAHAN DASAR PLASTIK BEKAS BERBASIS GREEN CONSUMPTION DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI DESA SIDOPEKSO



Authors (s)


(1) * Halimatus Sahro   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Feniatin Feniatin Nabila   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Hamimah Hamimah Ismawati   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Annisa Qomaria   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Ikmilul Holifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Laili Eka Amalia   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Vina Maulidatul Cholisa   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencemaran lingkungan di Indonesia merupakan masalah yang sampai saat ini belum bisa diselesaikan, penyebab pencemaran lingkungan  sebanyak 37,3% bersumber dari sampah rumah tangga, baik itu sampah organik maupun anorganik, salah satu cara mengurangi sampah adalah menerapkan perilaku green Consumption, perilaku green Consumsition ini berupa mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dengan  mendaur ulang plastik bekas tersebut menjadi barang yang memiliki nilai guna. Pada program KKN ini, kami selaku tim KKN mengajak masyarakat didesa Sidopekso untuk mengelola sampah kresek bekas menjadi kerajinan yang memiliki nilai guna sebagai bentuk pengurangan limbah sampah plastik. Adapun metode yang digunakan pada program ini yakni metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melakukan wawancara dengan beberapa masyarakat. Hasil yang diharapkan dari program ini nantinya masyarakat dapat mengurangi populasi sampah dengan menerapkan perilaku green compsumtion. Dalam kegiatan sosialisasi dan  pelatihan ini, masyarakat  mulai sadar akan pentingnya perilaku green Consumption, dimana adanya kegiatan ini akan ditindak lanjuti degan beberpa program yaitu berkolaborasi dengan pihak Karang Taruna, pembentukan komunitas UMKM kerajinan Berbahan Plastik, serta mengadakan pameran dan berbagai Event agar adanya sosialisasi dan pelatihan ini berdampak langsung bagi masyarakat baik dalam penerapan green Consumsition dan menghasilkan produk kerajinan tangan sehingga memiliki nilai guna yang sangat tinggi.

 



Keywords

Sosialisasi, Green Consumption, Pemanfaatan Sampah



Full Text: PDF



References


Astuti, P. (2018). penggunaan metode black box testing (Boundary Value Analysis) pada sistem akademik (SMK/SMK). 186.

Fauzi, M., Sumiarsih, E., Adriman, Rusliadi, & Hasibuan, I. F. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan Pembuatan ecobrick sebagai upaya mengurangi sampah plastik di kecamatan Bunga Raya. Riau Journal of Empowerment, 87-96.

Jufri, M., Damanik, N., Fitri, A., Hasfiya, T., Lestari, M., & Annisa , T. (2021). Sosialisasi prokes dan pelatihan mengenai kerajinan beserta donasi terhadap panti asuhan al-riskullah. prossiding national konference for community service project.

Khalida, L. R., Fatmalasari, U., & dan Jaelani, A. (2021). Sosialisasi Tentang Strategi Pemanfaatan Sampah Plastik Di Desa Adiarsa Timur. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) ke-1.

Kusmata, H. (2022). Sampah Plastik Di Sekitar Kita: Antara Kebutuhan dan Masalah Yang ditimbulkan . Dinas Lingkungan hidup.

Lahamit, S. (2021). Sosialisasi peratura daerah dalam rangka optimalisasi fungsi legaslasi anggota DPRD provinsi Riau. Jurnal ilmu Administrasi Publik, 32-45.

Purwaningrum, P. (2016). upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan . Journal of urban and enviromental technology, 141-147.

Setiono, I., Kusumayanti, H., Pangi, Dwimawanti, I., Budiyono, Purwanto, A., et al. (2019). Pelatihan pembuatan Bunga artificial dari sampah plastik kresek di Desa kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi.

Siti Rohana Nasution, D. R. (2018). Pemanfaatan limbah plastik sebagai kerajinan tangan di kelurahan Srengseng sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Journal ilmiah tekhnik industri , 117-123.

Tanjung, M., & Soeprayogi, H. (2020). Kerajinan serat daun pandan ditinjau dari segi prinsip kerajinan di Chantika Handikraf. Jurnal Seni Rupa, 389.

Ranala https://kbbi.web.id/tindaklanjut


Article View

Abstract views : 99 times | PDF files viewed : 83 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Halimatus Sahro

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com