SOSIALISASI PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI VIDEO INTERAKTIF DI DESA BESUK AGUNG KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO



Authors (s)


(1) * Selfia Hafidatus Sholeha   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Selvira Yuliana   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)
(3)  Nurul Fadila   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan profesionalisme Sumber Daya Manusia sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan, mengingat bahwa sumber daya manusia aparatur pelayanan administrasi desa memiliki peran strategis di lingkup pemerintah desa. Guna meningkatkan kualitas pelayanan warga, sistem manajemen pemerintahan desa harus dilakukan penataan administrasi supaya bisa bekerja secara efisien dan efektif. Persoalan pelayanan publik bersifat mengikat antara penyedia pelayanan dan penerima pelayanan, serta aspek sistem dan infrastruktur pelayanan. Hal itu juga berkaitan dengan integrasi kebijakan antar instansi yang mempunyai kewenangan di dalamnya. Persoalan seringkali terjadi karena ketidaksinkronnya sebuah kebijakan antar instansi, disamping faktor teknis, sistem maupun strategis seperti Standar Prosedur Pelayanan (SOP), sumber daya aparatur, dan lain sebagainya. Desa yang menjadi mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Sebelum pembuatan akta kelahiran, perlu dipersiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan, tetapi warga Besuk Agung sering kali tidak mengetahui berkas-berkas yang harus dibawa. Dengan berkas yang kurang lengkap dan kurang sesuai membuat petugas tidak bisa memproses pengajuannya, dan warga juga harus bolak-balik ke kantor desa untuk melengkapi berkasnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi pembuatan akta kelahiran dan menambah anggota baru dalam KK (Kartu Keluarga) kepada masyarakat khususnya warga Desa Besuk Agung melalui video interaktif. Manfaat pengabdian masyarakat ini adalah untuk memudahkan warga yang akan melakukan pembuatan akta kelahiran baru, dimana warga lebih megetahui dan mempersiapkan persyaratan-persyaratan pendukung serta mengetahui alur proses pengurusannya


Keywords

sosialisasi,video tutorial, akta kelahiran



Full Text: PDF



References


Anita, D. (2021). Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Pengelolaan Administrasi Desa Penyandingan Ogan Ilir. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 699-705.

Ediwijoyo, S. P. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec.Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 354-363.

Kurniati, R., Jaroji, J., & Agustiawan, A. (2018). Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, VOL. 3, NO. 1 , 16-23.

Maria, S., & Efendi, J. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DI KANTOR DESA RANAH BARU BERBASIS WEB. Jurnal Intra Tech Vol 5, No.2, 79-90.

Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). PELAYANAN ADMINISTRASI DESA BERBASIS ONLINE DI DESA PAREMONO. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1(1):49. doi: 10.31002/abdipraja.v1i1.3205.

Suherman, A. (2017). Pembinaan Aparat Desa Tentang Administrasi Desa (Desa Gerak Makmur Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan). Jurnal Membangun Negeri 1, 17-31.

Adzim, F., & Prabawati Rum, E. (2017). Sistem Informasi Desa Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Berkemajuan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 52–54.

Ediwijoyo, S., Yuliyanto, W., & Waluyo, A. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354–363. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412

Hasanah, B., & Sururi, A. (2018). 14092-42267-1-PB.pdf. Forum Ilmu Sosial 45, 2, 94–103.

Hayat, & Hidayah, L. (2017). Kelahiran. Mengoptimalisasikan Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran, 2(Jurnal Dialektika Volume 2,Nomor 1, Februari 2017 PENDAHULUAN), 103–120.

Musthafa, A., & Utama, S. (2018). ADMINISTRASI DESA BERBASIS WEB DI DESA SEKARAN KECAMATAN SIMAN – PONOROGO teknologi meningkatkan kemampuannya di dalam mengelola data jauh dari Kampus Universitas Darussalam menjadikan dasar pengabdian masyarakat di Desa Sekaran dilakukan . Dalam di Desa. Jurnal Terapan Abdimas, 3, 1–8.

Paramitha, L. M., Tjahjanulin, D., & Suwondo. (1976). KINERJA APARAT PEMERINTAH DESA DALAM RANGKA OTONOMI DESA (Studi di Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan) Linda Muchacha Paramitha, Tjahjanulin Domai, Suwondo. 1(4), 91–100.


Article View

Abstract views : 69 times | PDF files viewed : 32 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Selfia Hafidatus Hafidatus Sholeha, Selvira Yuliana

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com