OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UKM KERIPIK PISANG IBU NUR



Authors (s)


(1) * Siti Aida   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Kusdatul Komariyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Intan Purwita   ()  
        Indonesia
(4)  Khofiyatul Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Alfiatul Lailiyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Dewi Aminatus Zahro   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan  UKM  (Usaha  Kecil dan Mikro)  di Indonesia    memiliki    peran    penting    dalam    meningkatkan perekonomian  negara.  Salah satu aspek yang menentukan keberlangsungan UKM adalah kegiatan   pemasaran   yang   tepat      untuk   mendapatkan   keuntungan   yang maksimal. tetapi perkembangan kegiatan pemasaran juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Masa industri 4.0 kegiatan pemasaran  mengggunakan media digital merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi. Saat  ini,  platform media sosial dan  marketplace telah  menjadi  alternatif  bagi  UKM  untuk memperluas pasar. Dengan     adanya marketplace,   UKM   dapat   memasarkan produk   atau   jasa mereka  ke  seluruh  dunia  tanpa  harus  memiliki  toko  offline dan biaya   promosi   besar.  Tetapi tidak semua UKM memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial dan marketplace, hal ini juga terjadi pada pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur. Pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media sosial dan marketplace sebagai sarana untuk memasarkan produknya, sehingga tingkat penjualan keripik pisang tidak mengalami peningkatan yang signifikan.Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan  pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial agar penjualannya meningkat. Metode yang digunakan mensosialisasikan, melatih  dan mendampingi cara mempromosikan produk melalui media sosial TikTok dan memasarkan produk dimarketplace Shopee.  Solusi kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan akun media sosial TikTok untuk promosi dan marketplace shopee untuk sarana pemasaran produk UKM keripik pisang Ibu Nur. Setelah Pemilik UKM memiliki kemampuan penggunaan akun Tiktok dan Shopee sebagai sarana pemasaran, maka penjualan UKM keripik pisang Ibu Nur mulai mengalami peningkatan secara signifikan.


Keywords

Media Sosial; Marketplace; UKM keripik pisang



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 93 times | PDF files viewed : 34 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Aida

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com