OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UKM KERIPIK PISANG IBU NUR

Siti Aida, Kusdatul Komariyah, Intan Purwita, Khofiyatul Hasanah, Alfiatul Lailiyah, Dewi Aminatus Zahro




Abstract

Pertumbuhan  UKM  (Usaha  Kecil dan Mikro)  di Indonesia    memiliki    peran    penting    dalam    meningkatkan perekonomian  negara.  Salah satu aspek yang menentukan keberlangsungan UKM adalah kegiatan   pemasaran   yang   tepat      untuk   mendapatkan   keuntungan   yang maksimal. tetapi perkembangan kegiatan pemasaran juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Masa industri 4.0 kegiatan pemasaran  mengggunakan media digital merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi. Saat  ini,  platform media sosial dan  marketplace telah  menjadi  alternatif  bagi  UKM  untuk memperluas pasar. Dengan     adanya marketplace,   UKM   dapat   memasarkan produk   atau   jasa mereka  ke  seluruh  dunia  tanpa  harus  memiliki  toko  offline dan biaya   promosi   besar.  Tetapi tidak semua UKM memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial dan marketplace, hal ini juga terjadi pada pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur. Pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media sosial dan marketplace sebagai sarana untuk memasarkan produknya, sehingga tingkat penjualan keripik pisang tidak mengalami peningkatan yang signifikan.Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan  pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial agar penjualannya meningkat. Metode yang digunakan mensosialisasikan, melatih  dan mendampingi cara mempromosikan produk melalui media sosial TikTok dan memasarkan produk dimarketplace Shopee.  Solusi kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan akun media sosial TikTok untuk promosi dan marketplace shopee untuk sarana pemasaran produk UKM keripik pisang Ibu Nur. Setelah Pemilik UKM memiliki kemampuan penggunaan akun Tiktok dan Shopee sebagai sarana pemasaran, maka penjualan UKM keripik pisang Ibu Nur mulai mengalami peningkatan secara signifikan.


Keywords

Media Sosial; Marketplace; UKM keripik pisang

Full Text:

PDF

References

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.

Anshari, M., Almunawar, M. N., Masri, M., & Hamdan, M. (2019). Digital marketplace and FinTech to support agriculture sustainability. Energy Procedia, 156, 234-238. DOI : https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.134

Chong, D., & Ali, H. (2022). Literature Review: Competitive Strategy, Competitive Advantages, and Marketing Performance on E-Commerce Shopee Indonesia. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(2), 299-309. DOI : https://doi.org/10.31933/dijdbm.v3i2

Christy, E. V.,Suryaputra, R., & Amelia. (2022). Analysis of the Influence of Environment Quality, Delivery Quality, and Outcome Quality Factors on Behavioral Intention through Customer Satisfaction on Shopee Apps Users in Surabaya. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 5 (03), 663-672. DOI: 10.47191/jefms/v5-i3-18

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.

Farhat, L., Ferzi, N., Marnas, M., A Wahab, D., & Al Haitamy, E. B. (2023). STRATEGI DALAM PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UKM RUMAH JAHIT RADHA. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(6), 1291-1302. DOI : https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5913

Ferira, R. (2022). Analisis Aplikasi TikTok sebagai Platform Membangun Jaringan Bisnis Generasi Millenial. Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage,(June), 1-15.

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING UNTUK SME LITTLE ROSE BANDUNG. In Empowerment in the Community (Vol. 1, Issue 1).

Kristia, S. E., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. DOI: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438

Nichifor, E., & Țierean, O. M. (2020). Small and Medium Enterprises Go Digital. Bulletin of theTransilvania University of Braşov Series V: Economic Sciences. 12 (61), 2 – 2019. DOI : https://doi.org/10.31926/but.es.2019.12.61.2.8

Novida, C. H. (2023). Evaluasi usability testing terhadap aplikasi e-commerce dengan menggunakan sus questionnaire (Doctoral dissertation, Universitas Pradita). https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/188

Paramasivam, S. K., David, A. K., Marimuthu Somasundaram, S., Suthanthiram, B., Shiva, K. N., & Subbaraya, U. (2022). Influence of food hydrocolloids on the structural, textural and chemical characteristics of low-fat banana chips. Food Science and Technology International, 28(3), 203-215. DOI : https://doi.org/10.1177/10820132211003708

Pieter, G. M., Massie, J. D., & Saerang, R. T. (2021). Exploring the effectiveness of using Tik Tok as a media for promotion: A Case study of youth intention to buy products. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 11-20. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36128

Pujianto, D., Kadarsih, K., Novriani, D., Vona, B. O., Lestari, E. L. Y., Kesuma, A. B., & Apsyari, F. A. (2023). Pelatihan Bisnis Afiliasi Tiktok Pada Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2), 150-157. DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i2.1552

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. DOI : https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687

Ribek, P. K., & Purnamasari, K. S. (2023). Optimalisasi Penggunaaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha F&B Kebun Es Teh Indonesia. Jurnal Dharma Jnana, 3(1), 72-80.

Salsabila, A., & Claretta, D. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA AKUN KOMUNITAS@ DISCITE. INSTITUTE SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Tiktok Komunitas@ Discite. Institute). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3320-3329. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3320-3329

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 107-116. DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602

Suhardiman, A. & Kamaluddin, M. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42-53. DOI: https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171

Syahputri, A. N. H. (2023). PENTINGNYA PEMAHAMAN TENTANG DIGITAL MARKETING BAGI PEMILIK USAHA UMKM DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRY DIGITAL 4.0. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 170-180. DOI: https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i2.565




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Aida

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com