OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UKM KERIPIK PISANG IBU NUR
AbstractPertumbuhan UKM (Usaha Kecil dan Mikro) di Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian negara. Salah satu aspek yang menentukan keberlangsungan UKM adalah kegiatan pemasaran yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. tetapi perkembangan kegiatan pemasaran juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Masa industri 4.0 kegiatan pemasaran mengggunakan media digital merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi. Saat ini, platform media sosial dan marketplace telah menjadi alternatif bagi UKM untuk memperluas pasar. Dengan adanya marketplace, UKM dapat memasarkan produk atau jasa mereka ke seluruh dunia tanpa harus memiliki toko offline dan biaya promosi besar. Tetapi tidak semua UKM memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial dan marketplace, hal ini juga terjadi pada pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur. Pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media sosial dan marketplace sebagai sarana untuk memasarkan produknya, sehingga tingkat penjualan keripik pisang tidak mengalami peningkatan yang signifikan.Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial agar penjualannya meningkat. Metode yang digunakan mensosialisasikan, melatih dan mendampingi cara mempromosikan produk melalui media sosial TikTok dan memasarkan produk dimarketplace Shopee. Solusi kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan akun media sosial TikTok untuk promosi dan marketplace shopee untuk sarana pemasaran produk UKM keripik pisang Ibu Nur. Setelah Pemilik UKM memiliki kemampuan penggunaan akun Tiktok dan Shopee sebagai sarana pemasaran, maka penjualan UKM keripik pisang Ibu Nur mulai mengalami peningkatan secara signifikan.
|
Keywords
Full Text:
References
Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.
Anshari, M., Almunawar, M. N., Masri, M., & Hamdan, M. (2019). Digital marketplace and FinTech to support agriculture sustainability. Energy Procedia, 156, 234-238. DOI : https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.134
Chong, D., & Ali, H. (2022). Literature Review: Competitive Strategy, Competitive Advantages, and Marketing Performance on E-Commerce Shopee Indonesia. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(2), 299-309. DOI : https://doi.org/10.31933/dijdbm.v3i2
Christy, E. V.,Suryaputra, R., & Amelia. (2022). Analysis of the Influence of Environment Quality, Delivery Quality, and Outcome Quality Factors on Behavioral Intention through Customer Satisfaction on Shopee Apps Users in Surabaya. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 5 (03), 663-672. DOI: 10.47191/jefms/v5-i3-18
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.
Farhat, L., Ferzi, N., Marnas, M., A Wahab, D., & Al Haitamy, E. B. (2023). STRATEGI DALAM PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UKM RUMAH JAHIT RADHA. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(6), 1291-1302. DOI : https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5913
Ferira, R. (2022). Analisis Aplikasi TikTok sebagai Platform Membangun Jaringan Bisnis Generasi Millenial. Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage,(June), 1-15.
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING UNTUK SME LITTLE ROSE BANDUNG. In Empowerment in the Community (Vol. 1, Issue 1).
Kristia, S. E., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. DOI: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438
Nichifor, E., & Țierean, O. M. (2020). Small and Medium Enterprises Go Digital. Bulletin of theTransilvania University of Braşov Series V: Economic Sciences. 12 (61), 2 – 2019. DOI : https://doi.org/10.31926/but.es.2019.12.61.2.8
Novida, C. H. (2023). Evaluasi usability testing terhadap aplikasi e-commerce dengan menggunakan sus questionnaire (Doctoral dissertation, Universitas Pradita). https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/188
Paramasivam, S. K., David, A. K., Marimuthu Somasundaram, S., Suthanthiram, B., Shiva, K. N., & Subbaraya, U. (2022). Influence of food hydrocolloids on the structural, textural and chemical characteristics of low-fat banana chips. Food Science and Technology International, 28(3), 203-215. DOI : https://doi.org/10.1177/10820132211003708
Pieter, G. M., Massie, J. D., & Saerang, R. T. (2021). Exploring the effectiveness of using Tik Tok as a media for promotion: A Case study of youth intention to buy products. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 11-20. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36128
Pujianto, D., Kadarsih, K., Novriani, D., Vona, B. O., Lestari, E. L. Y., Kesuma, A. B., & Apsyari, F. A. (2023). Pelatihan Bisnis Afiliasi Tiktok Pada Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2), 150-157. DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i2.1552
Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. DOI : https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687
Ribek, P. K., & Purnamasari, K. S. (2023). Optimalisasi Penggunaaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha F&B Kebun Es Teh Indonesia. Jurnal Dharma Jnana, 3(1), 72-80.
Salsabila, A., & Claretta, D. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA AKUN KOMUNITAS@ DISCITE. INSTITUTE SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Tiktok Komunitas@ Discite. Institute). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3320-3329. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3320-3329
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 107-116. DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602
Suhardiman, A. & Kamaluddin, M. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42-53. DOI: https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171
Syahputri, A. N. H. (2023). PENTINGNYA PEMAHAMAN TENTANG DIGITAL MARKETING BAGI PEMILIK USAHA UMKM DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRY DIGITAL 4.0. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 170-180. DOI: https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i2.565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Aida
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com