OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UKM KERIPIK PISANG IBU NUR
Authors (s)
(1) * Siti Aida   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Kusdatul Komariyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Intan Purwita   ()  
        Indonesia
(4)  Khofiyatul Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Alfiatul Lailiyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Dewi Aminatus Zahro   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPertumbuhan UKM (Usaha Kecil dan Mikro) di Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian negara. Salah satu aspek yang menentukan keberlangsungan UKM adalah kegiatan pemasaran yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. tetapi perkembangan kegiatan pemasaran juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Masa industri 4.0 kegiatan pemasaran mengggunakan media digital merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi. Saat ini, platform media sosial dan marketplace telah menjadi alternatif bagi UKM untuk memperluas pasar. Dengan adanya marketplace, UKM dapat memasarkan produk atau jasa mereka ke seluruh dunia tanpa harus memiliki toko offline dan biaya promosi besar. Tetapi tidak semua UKM memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial dan marketplace, hal ini juga terjadi pada pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur. Pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media sosial dan marketplace sebagai sarana untuk memasarkan produknya, sehingga tingkat penjualan keripik pisang tidak mengalami peningkatan yang signifikan.Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan pemilik UKM keripik pisang Ibu Nur dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial agar penjualannya meningkat. Metode yang digunakan mensosialisasikan, melatih dan mendampingi cara mempromosikan produk melalui media sosial TikTok dan memasarkan produk dimarketplace Shopee. Solusi kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan akun media sosial TikTok untuk promosi dan marketplace shopee untuk sarana pemasaran produk UKM keripik pisang Ibu Nur. Setelah Pemilik UKM memiliki kemampuan penggunaan akun Tiktok dan Shopee sebagai sarana pemasaran, maka penjualan UKM keripik pisang Ibu Nur mulai mengalami peningkatan secara signifikan.
|
Keywords
Media Sosial; Marketplace; UKM keripik pisang
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 104 times | PDF files viewed : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Aida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com